Kalsel

Sajian Kuliner Jalanan, Lokasi Wisata Kota Tua Banjarmasin Jawabannya

apahabar.com, BANJARMASIN – Saat ini tak perlu lagi bingung jika ingin menikmati aneka sajian kuliner jalanan…

Featured-Image
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina berbincang dengan pelayan di lokasi wisata kota tua. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Saat ini tak perlu lagi bingung jika ingin menikmati aneka sajian kuliner jalanan di Banjarmasin.

Street Food sudut kota yang digelar di sepanjang Jalan Bank Rakyat, Banjarmasin Tengah menjadi jawabannya. Pasar wisata kuliner tersebut hanya dibuka akhir pekan dan berlangsung dari pukul 16.00hingga23.00 Wita.

"Ini menjadi alternatif wisata kuliner baru di Banjarmasin. Kita bisa menikmati aneka ragam makanan di tengah kota sekaligus menciptakan wirausaha baru,” ujar Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina.

Sekadar informasi lokasi yang digunakan street food tersebut termasuk dalam kawasan wisata kota tua di kota seribu sungai. Tempatnya minim akan penerangan umum sehingga kerap dijadikan pekerjaan seks komersial beraktivitas.

Namun ditangan Pemkot Banjarmasin, lanjut Ibnu lokasi itu diubah untuk melengkapi pasar wisata dengan segmentasi khusus yang kini dikembangkan di beberapa titik di Banjarmasin.

Seperti Warung Baimbai, Sungai Jinggah yang menyajikan makanan dan aneka pasar jajanan khas Banjar.

“Kawasan kota tua yang tidak terpakai sangat sayang kalau tidak dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan perekonomian warga,” pungkasnya.

Ia menambahkan ke depan Street Food sebagai etalase untuk memperkenalkan makanan khas Banjar di dan jika prospeknya meningkat maka akan ada penambahan di hari lainnya.

Kemungkinan setiap hari dalam satu minggu perencanaannya. Ibnu juga mengimbau seluruh warga kota Banjarmasin untuk mengunjungi street food sudut kota ini.

“Nanti kita lihat dulu antusias warga dalam Minggu ini terus kita koordinasikan apakah menambah waktu pelaksanaan,” tuturnya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin, Ariffin Noor sudah berkomitmen membantu pengadaan penerangan umum supaya Street Food ini menjadi ajang wisata malam.

“Kita sangat mendukung, karena sektor kuliner adalah penyumbang PAD Banjarmasin yang cukup besar,” tegasnya.

Baca Juga: Ribuan Kepala Keluarga Terdampak Banjir di Kabupaten Tabalong

Baca Juga: Paman Birin Singgung Kalsel Tak Jadi Ibu Kota, Ini Kata Jokowi

Baca Juga:Resmikan Hutan Pers, Jokowi Tanam Pohon Raksasa di HPN 2020

Baca Juga:Hari Pers di Kalsel, IKWI Gelar Konsolidasi

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner