Pemkot Banjarbaru

Sabet Terbaik 1 Lomba Kelurahan Tingkat Kalsel, Guntung Manggis Bidik Juara Regional 

Kelurahan Guntung Manggis Banjarbaru meraih penghargaan terbaik 1 Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) 2023.

Featured-Image
Wali Kota Banjarbaru M Aditya Mufti Ariffien saat bersilaturahmi dengan warga Guntung Manggis. Foto-Zikru Rakhman

bakabar.com, BANJARBARU - Kelurahan Guntung Manggis Banjarbaru meraih penghargaan terbaik 1 Lomba Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) 2023.

Lurah Guntung Manggis, Zikru Rakhman mengatakan torehan tersebut tak luput dari program dan dukungan Wali Kota Banjarbaru Muhammad Aditya Mufti Ariffin alias Ovie.

"Dukungan wali kota sangat besar terkait keberhasilan lomba kelurahan ini karena adanya program- program yang dijalankan di tingkat kelurahan seperti program RT Mandiri untuk peningkatan ekonomi pasca Covid-19, homecare untuk lansia, pelayanan berbasis elektronik serta pemberian pelatihan UMKM berupa kerajinan rajutan yang dibina oleh ibu ketua TP PKK Kota Banjarbaru," katanya Senin (3/7) kemarin. 

Berikut program atau inovasi yang dijalankan Kelurahan Guntung Manggis dalam lomba tingkat Kalsel tersebut:

1. Pelaksanaan Jemput Bola (Jebol)

Melaksanakan pendataan warga tidak mampu yang belum termasuk dalam data DTKS dan penerima PKH untuk dapat dicarikan bantuannya melalui kerja sama dengan yayasan insan berkah mulia, serta pendataan rumah tidak layak huni untuk dapat dibantu dalam hal renovasi. 

2. Minggu Babarasih (Mibar)

Pelaksanaan program gotong royong membersihkan lingkungan tingkat RT. 

3. Sadar Pajak Dari Diri Sendiri (Sajari)

Dalam rangka peningkatan pendapatan pajak PBB dengan mencantumkan data lunas PBB tahun berjalan dalam setiap layanan kelurahan.

4. Konsultasi pelayanan melalui WA

Program konsultasi masyarakat kepada petugas pelayanan melalui pesan daring seperti menanyakan persyaratan suatu layanan serta untuk pengaduan pelayanan di kelurahan.

5. Aplikasi Sistem Pelayanan Administrasi Kelurahan dan Kecamatan (SIAPKK)

Program aplikasi yang bisa diakses secara online untuk mengurus salah satu layanan yang ada di kelurahan.

"Alhamdulillah dengan berbagai potensi dan inovasi yang disampaikan dengan penilaian data administrasi dilanjutkan verifikasi lapangan dan terakhir pemaparan langsung di depan tim penilai lomba kelurahan tingkat provinsi, Guntung Manggis mendapatkan predikat terbaik 1," ungkapnya. 

Adapun penghargaan lomba kelurahan tingkat provinsi sebelumnya sudah pernah didapatkan Guntung Manggis. Bahkan terakhir masuk 10 besar nasional.

Ia berharap tahun ini dapat meningkatkan prestasi meraih terbaik 1 tingkat regional.

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab pihaknya telah matang dalam mempersiapkan kelengkapan data.

"Terakhir pengumpulannya pada 3 juli 2023. Apabila lulus 5 besar akan mempersiapkan kunjungan lapangan dari pusat di beberapa titik lokasi yang sebelumnya sudah dijadikan lokus kunjungan. Kemudian kalau masuk 3 besar hingga pemaparan di pusat akan lebih menyiapkan kembali bahan untuk pemaparan," jelasnya. 

Terakhir, ia memohon doa dan dukungan masyarakat Banjarbaru khususnya Guntung Manggis agar diberikan kemudahan dan kelancaran dalam lomba tingkat regional.

"Hingga dapat jadi yang terbaik di tingkat regional," pungkasnya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner