News

Rumah di Balikpapan Ambruk Usai Diguyur Hujan Semalaman

Hujan yang mengguyur Kota Balikpapan sejak Selasa (28/2) membuat salah satu rumah warga di Jalan Batu Butok, Balikpapan Utara ambruk

Featured-Image
Rumah ambruk di Balikpapan usai diguyur hujan semalam. apahabar.com / BPBD Balikpapan

bakabar.com, BALIKPAPAN – Hujan yang mengguyur Balikpapan sejak Selasa (28/2) kemarin, membuat salah satu rumah warga di Jalan Batu Butok, RT 60 No 134 Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan Utara, ambruk pada Rabu (1/3) sekira pukul 09.35 Wita.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Rumah milik Ibu Astrid yang dihuni enam orang ini semula mengalami retak.

Penghuni rumah yang curiga lantas langsung mengevakuasi diri.

Benar saja, rumah tersebut akhirnya ambruk lantaran tak kuat menahan pergerakan tanah akibat hujan deras.

“Lokasi kejadian memang rawan longsor yang memiliki kemiringan 45 derajat dengan kondisi tanah lempung pasiran yang mudah tererosi. Lalu tidak adanya pengelolaan sistem drainase sekitar kejadian,” kata Kepala BPBD Kota Balikpapan, Silvia Ramadani.

Mendapati laporan tersebut, petugas gabungan pun mendatangi lokasi kejadian.

Dari pantauan petugas, memang di lokasi tersebut sudah tidak ada kemampuan tanah untuk menyimpan dan mengikat air.

“Pohon-pohon sebagai pengikat air sudah tidak ada lagi. Ini juga kesalahan perencanaan awal pada saat membangun rumah, tidak memikirkan jalur air,” tuturnya.

Penghuni rumah pun diminta untuk tidak tinggal di rumah tersebut. Pihaknya juga berkoordinasi dengan kecamatan untuk mengusulkan bantuan sosial kepada korban.

“Kami berkoordinasi juga dengan RT agar berhati-hati jika situasi hujan. Dan mengimbau kepada pemilik rumah yang roboh untuk melakukan evakuasi dan tidak menempati rumah tersebut,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner