Tak Berkategori

Ritel Modern ‘Gusur’ Pedagang Kecil

apahabar.com, RANTAU –  Keberadaan Alfamart dan Indomaret tumbuh begitu cepat hingga ke sudut kota. Walau masyarakat…

Featured-Image
Mampukan pedagang kecil terus bersaing dengan ritel modern?. Foto-apahabar.com/nasrullah

bakabar.com, RANTAU – Keberadaan Alfamart dan Indomaret tumbuh begitu cepat hingga ke sudut kota. Walau masyarakat dengan mudah mendapatkan barang yang dinginkan, lantaran mini market lengkap menawarkan barang, namun pedagang kecil kena imbasnya.

Kenyataan itu dirasakan Mama Ufik. Pedagang kecil yang kiosnya berdampingan dengan Alfamart di Alun-Alun Kota Rantau, tepatnya depan Taman Basimban mengaku sejak kehadiran ritel modern ini penghasilannya menurun drastis.

Ia pun meminta pemerintah sejatinya mengkaji sebelum mengizinkan ritel modern itu beroperasi. Sebab Mama Ufik dan pedagang kecil lainnya merasakan dampak negatif dengan keberadaan Alfamart juga Indomaret.

Ia meminta pemerintah hendaknya menawarkan solusi agar pedagang kecil tetap bisa 'hidup'. Misalnya letak ritel modern hendaknya tidak berdekatan dengan kios kecil milik masyarakat setempat."Kalau tidak, tentu kami tak bisa bersaing," ujar Mama Ufik kembali.

Kembali ia meminta pemerintah bisa memperhatikan kenyataan ini."Bukan mustahil jika ini terus berlanjut, pedagang kecil bisa gulung tikar," pungkasnya.

Reporter: Nasrullah
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner