Kalsel

Rikwanto Resmi Jabat Kapolda Kalsel, Pikul 3 Amanat dari Kapolri

apahabar.com, BANJARMASIN – Irjen Pol Rikwanto resmi menjabat sebagai Kapolda Kalsel menggantikan Irjen Pol Nico Afinta,…

Featured-Image
Pelantikan delapan Kapolda oleh Kapolri Jenderal Idham Azis, salah satunya Irjen Pol Rikwanto yang kini menjabat Kapolda Kalsel. Foto- Okezone.com

bakabar.com, BANJARMASIN – Irjen Pol Rikwanto resmi menjabat sebagai Kapolda Kalsel menggantikan Irjen Pol Nico Afinta, Jumat (20/11/2020).

Rikwanto dilantik bersama tujuh Kapolda lainnya oelh Kapolri Jenderal Idham Azis di Rupatama Polri, Jakarta Selatan.

Dalam tugasnya sebagai Kapolda Kalsel, Rikwanto bersama tujuh lainnya, memikul tiga amanat khusus yang disampaikan Idham Azis saat pelantikan.

Pertama, Idham meminta untuk melakukan kesiapan pengamanan terkait dengan pelaksanaan Pelatihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

“Pertama terkait perintah kepada para Kapolda yang menjabat agar segera insert, dan mempersiapkan personel laksanakan pengamanan Pilkada serentak pada tanggal 9 Desember 2020,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono menyampaikan isi amanat Kapolri dilansir Okezone.com, Jumat siang.

Kemudian, Kapolri juga menekankan kepada Kapolda untuk memastikan bahwa seluruh anggota menjaga netralitas Korps Bhayangkara dalam pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Yang terakhir, Kapolri memerintah kepada seluruh jajaran Kepala Satuan Wilayah (Kasatwil) untuk melakukan kesiapan menjelang libur panjang Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

“Bagaimanapun dalam situasi Pandemi Covid-19 ini tentunya kegiatan keagamaan teman-teman kita yang beragama Nasrani merayakan Natal dan perayaan malam Tahun Baru tentunya ini juga harus prioritas pengamanan Polri. Sehingga kehadiran Polri betul-betup dirasakan masyarakat,” ucap Awi.

Selain itu, kata Awi, para Kapolda juga diharapkan melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan empati dan simpati masyarakat serta menggelar operasi kegiatan pelayanan di massa Pandemi virus corona saat ini.

“Dalam masa pandemi tentunya kegiatan-kegiatan pemberian bantuan kepada masyarakat, bansos memberikan masker, hand sanitizer dan lain-lain sangat membantu sekali terhadap pencegahan maupun pemutusan penyebaran mata rantai Covid-19,” papar Awi.

Sekadar diketahui, Polri menggelar upacara Sertijab terhadap delapan Kapolda, Kadiv Propam dan Aslog Kapolri. Kegiatan itu digelar secara tertutup.

Adapun serah terima jabatan tersebut berdasarkan surat Telegram Rahasia (TR) nomor ST/3222/XI/KEP./2020 per tanggal 16 November 2020 yang ditandatangani oleh AS SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Sesuai isi telegram, Kapolda Kalsel lama, Irjen Nico Afinta akan bertugas di Polda Jawa Timur.

Ia menggantikan Irjen M Fadeli yang kini menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Nana Sudjana.

img

Kapolda Kalsel yang baru, Irjen Pol Rikwanto

Sebelumnya Nico menjabat sebagai Kapolda Kalsel selama 6 bulan 19 hari.

Ia sempat berpamitan kepada seluruh jajaran Polda Kalsel saat apel pagi kemarin, Kamis (19/11) lalu.

“Perkenankan saya mohon diri dan doa restunya agar dapat melaksanakan tugas dengan baik sebagai Kapolda Jawa Timur,” ujar Nico.

Sementara itu penggantinya, Irjen Pol Rikwanto asal Medan yang lekat dengan jabatan hubungan masyarakat (humas). Rikwanto sering muncul di televisi saat menjabat Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Pada 2015, Rikwanto ditarik ke Mabes Polri sebagai kepala bagian penerangan umum divisi Humas Polri.

Setahun kemudian Rikwato menjabat kepala biro penerangan masyarakat (Karopnemas) Divisi Humas Polri. Otomatis pangkatnya naik jadi bintang satu.

Saat itu, Kadiv Humas Polri kala itu, Irjen Pol Boy Rafli Amar, sementara Kapolrinya, Jenderal Pol Tito Karnavian.

Rikwanto kerap mendampingin Boy yang kini menjabat Kepala Badan Nasional Penaggulangan Terorisme saat menggelar jumpa pers.

Masih di lingkup kerja sama, pada 2016 Rikwanto digeser menjadi Karo Multimedia Divisi Humas Polri. Hanya satu tahun di sana, Februari 2020, Rikwanto kembali menapaki karir di level Polda. Namun sebagai wakil Kapolda Kalteng.

Rikwanto baru naik Irjen pada 22 April 2020. Atau seiring penyesuaian status Polda Maluku dari tipe B jadi A.

Baca juga Profil Lengkap Irjen Pol Rikwanto



Komentar
Banner
Banner