Kalsel

Resmi! Paman Birin Sandang Gelar Doktor Kehormatan dari ULM

apahabar.com, BANJARBARU – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor resmi menyandang gelar doktor kehormatan dari Universitas Lambung Mangkurat…

Featured-Image
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor resmi menyandang gelar doktor kehormatan dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Foto-apahabar.com/Nurul Mufidah

bakabar.com, BANJARBARU – Gubernur Kalsel Sahbirin Noor resmi menyandang gelar doktor kehormatan dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Prosesi pemberian gelar Dr Honoris Causa (HC) dilaksanakan di Auditorium ULM pada Sidang Terbuka Senat ULM, Banjarbaru, Kamis (28/10) siang.

Ditandai dengan pemakaian jubah dan toga oleh Rektor ULM Prof Sutarto Hadi.

Seusai itu, Gubernur Kalsel yang karib disapa Paman Birin itu menyampaikan orasinya yang berjudul “Kalsel Masa Depan Penyangga Pangan Nasional dan Ibu Kota Negara Baru”.

“Hari ini saya mendapat kesempatan menyampaiakan orasi dalam rangka penganugrahan Doktor Honoris Causa,” ujar Paman Birin.

Menurut Paman Birin, alasan ia memilih tema orasi tersebut karena 2 alasan mendasar, yakni masa depan semua negara di dunia menurutnya bukan hanya soal ketersediaan energi tetapi juga untuk ketersediaan pangan.

Kedua, Kalsel mempunyai posisi strategis, bukan hanya sebagai penyangga pangan tingkat nasional namun juga sekaligus penyangga pangan di Ibu Kota Negara (IKN) baru.

“Sidang senat yang saya muliakan, hari ini saya mendapatkan anugrah di suasana Covid-19, oleh karena itu, di hari ini kita kirim Alfatihah kepada saudara kita yang terdampak,” ucapnya.

Terakhir penerima gelar kehormatan itu berharap agar masyarakat yang berpulang karena Covid-19 mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan.

Sementara itu, Rektor ULM Prof Sutarto Hadi mengatakan bersyukur karena hari ini bertambah alumni ULM yaitu Sahbirin Noor.

“Sebuah kebanggaan bagi kita semua,” ujarnya.

Dikatakannya dalam beberapa hari terakhir, ihwal kabar pemberian gelar Dr HC kepada Gubernur Kalsel itu menjadi tranding topik di Kalsel.

Lalu, ditanyanya apa yang menjadi istimewa dari kabar itu, dan didapatnya lah jawaban itu hari ini.

Katanya, setelah mendengar orasi Paman Birin, ia mengakui Gubernur Kalsel lah yang istimewa.

“Saya bersyukur kita memberikan gelar ini, karena ULM harus lebih dulu, karena saya dengar ada universitas di luar negeri yang mau memberikan gelar ini, kepada beliau,” tuntasnya.

Untuk diketahui, Paman Birin merupakan orang kedua yang dianugerahi gelar doktor kehormatan oleh ULM.

Dan salah satu alasan ULM memberikan gelar tersebut, karena Paman Birin dinilai turut berkontribusi dalam kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Kalsel. Terutama di bidang pertanian.

Komentar
Banner
Banner