kabar viral

Resmi! Lelang Pulau 'Maldives of Indonesia' Batal

Lelang kepengelolaan gugusan Widi, kepulauan yang disebut-sebut sebagai 'Maldives of Indonesia' akhirnya batal.

Featured-Image
Terdapat lebih dari 100 pulau di Gugusan Widi, kepulauan yang disebut-sebut sebagai Maldives-nya Indonesia. Foto: via Disway

bakabar.com, JAKARTA - Lelang kepengelolaan gugusan Widi, kepulauan yang disebut-sebut sebagai 'Maldives of Indonesia' akhirnya batal.

Kepastian tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Mahfud menegaskan pemerintah membatalkan nota kesepahaman bersama (MoU) dengan PT Leadership Islands Indonesia (PT LII) terkait pengelolaan kepulauan yang terletak di provinsi Maluku Utara tersebut. 

Keputusan pembatalan MoU dilakukan usai Mahfud melakukan Rapat Koordinasi Lintas Kementerian dan Lembaga terkait pengelolaan pulau-pulau di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (14/12).

Hadir dalam rapat, Mendagri Tito Karnavian, Menteri KLHK Siti Nurbaya, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono dan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

Menurut dia, MoU sebelumnya dibuat oleh Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan dengan PT LII soal pemanfaatan Kepulauan Widi.

"Pemerintah akan membatalkan MoU tersebut karena isinya atau prosedurnya tidak sesuai dengan peraturan yang berlaku, dan isi MoU itu sendiri tidak pernah ditepati oleh PT LII. Jadi kita akan membatalkan itu," paparnya, seperti dikutip bakabar.com dari Antara.

Kesalahan tersebut salah satunya terkait soal tidak adanya izin dari Menteri KKP dalam MoU yang dibuat pemerintah daerah dengan PT LII.

Menteri KKP sampai saat ini tidak pernah mengeluarkan selembar pun surat izin untuk itu. Kemudian juga di tengah objek MoU ada hutan seluas lebih dari 1.900 hektare yang sebenarnya tidak boleh beralihfungsi.

Seiring pembatalan, pemerintah akan kembali membuka kemungkinan untuk siapa pun yang akan melakukan investasi pemanfaatan pulau tersebut.

"Dengan catatan kalau PT LII berminat boleh ikut mendaftar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," kata Mahfud.

Santer diberitakan gugusan Kepulauan Widi akan dilelang oleh situs lelang asing Sotheby's Concierge Auctions yang berbasis di New York, AS. Penutupan lelang secara internasional jatuh pada hari ini, 14 Desember.

CNN melaporkan ada lebih dari 100 pulau di Kepulauan Widi, atau yang dalam pelelangan disebut Widi Reserve tersebar di kawasan seluas 10.000 hektare. 

Editor


Komentar
Banner
Banner