Pemprov Kalsel

Resmi Ditutup, Perputaran Uang Kalsel Expo MTQ Nasional 2022 Diklaim Rp3,5 Miliar

Dimulai sejak 12 Oktober, total 190 stan pada Kalsel Expo MTQ tersebut.

Featured-Image
Halal Food Festival di Kalsel Expo MTQ Nasional 2022 di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura, Minggu (16/10). Foto-apahabar.com/hendralianor

bakabar.com, MARTAPURA - Kalsel Expo MTQ Nasional XXIX 2022 Kalsel di Alun - Alun Ratu Zalecha Martapura resmi ditutup sekaligus pengumuman pemenang stan terbaik, Minggu (16/10) malam.

Dimulai sejak 12 Oktober, total 190 stan pada Kalsel Expo MTQ tersebut. Mulai dari stan berbagai provinsi, 13 kabupaten kota se-Kalsel, SKPD, instansi vertikal, perusahaan daerah, dan UMKM.

Kepala Dinas Perdagangan Kalsel, Birhasani mengklaim perputaran uang selama 5 hari Kalsel Expo MTQ Nasional mencapai Rp3,5 miliar.

Dia menjelaskan, Kalsel Expo MTQ Nasional ini mengakomodir para pelaku usaha menengah mikro kecil (UMKM), tidak ada perusahaan besar seperti sepeda motor atau mobil hingga perbankan.

"Jadi yang kecil-kecil 10 ribu - 20 ribu yang dikumpulkan di sini. Ini sangat luar biasa perputaran uangnya mencapai 3,5 miliar," ungkap Birhasani, yang juga Ketua Panitia Kalsel Expo MTQ usai penutupan.

"Dinikmati oleh UMKM, para pekerja pemasang tenda, masyarakat yang diminta tenaga pengamanan, itu ada upah hariannya semuanya mendapat dari perputaran uang tersebut," sambungnya.

Termasuk ujar Birhasani lagi, para UMKM di Festval Halal Food yang berada di outdoor rata-rata perharinya mendapatkan omzet 3 - 5 jutaan. Sedangkan yang di indoor ini mereka ada yang sampai lebih 10 juta seharinya.

"Produk yang paling digemari Sasirangan baik itu bahan kain, pakaian, kerudung. Yang kedua digemari berupa prudok khas Kalsel berupa makanan, kopi, cemilan, kemudian produk handmade seperti cincin dan anyaman," pungkas Birhasani.

"Acara ini terlaksana dengan baik berkat bimbingan dan nasihat Gubernur Kalsel, kerjasama yang baik antara panitia, event organizer dan dukungan dari Pemkab Banjar,” ucapnya.

Berfoto bersama pemenang lomba stan terbaik Kalsel Expo MTQ Nasional 2022, Minggu (16/10) malam. Foto-MC Kominfo Banjar.
Berfoto bersama pemenang lomba stan terbaik Kalsel Expo MTQ Nasional 2022, Minggu (16/10) malam. Foto-MC Kominfo Banjar.

Sekda Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh panitia, sponsor, dan seluruh pihak yang telah bekerja keras menyukseskan Kalsel Expo MTQ.

Menurutnya, penyelenggaraan Kalsel Expo ini adalah momentum yang baik untuk mengenalkan dan memasarkan berbagai produk terbaik dan unggulan khas Kalimantan Selatan.

"Kalsel Expo MTQ Nasional menggerakkan perekomian kita yang sebelumnya sudah mulai merangkak naik. Ini patut kita syukuri bersama. Diharapkan UMKM terus maju, karena sejak pandemi Covid-19 ekonomi sangat terdampak," ucap Roy Rizali.

Pemenang Terbaik Stan Kalsel Expo MTQ Nasional XXIX: 

1. Kategori stand terbaik, Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalsel, 2630 poin.

2.Terbaik I kategori UMKM, perajin bambu dari Batu Malang, 2675 poin.

3. Terbaik I kategori SKPD Kabupaten/Kota, Pemkab Banjar, 2425 poin.

4. Terbaik I kategori BUMN/BUMD, PT Adaro Indonesia, 2515 poin.

5. Terbaik I kategori Halal Food, Abba Cokelat, 2500 poin.

6. Terbaik I kategori Organisasi Sosial dan Profesi,  Dekranasda Hulu Sungai Selatan, 2800 poin.

7. Terbaik I kategori Instansi Vertikal, Pemerintahan, Provinsi dan Perguruan Tinggi, Kementerian Agama RI Humas UPQ, 2795 poin

Editor


Komentar
Banner
Banner