Olahraga

Resmi Digelar, Portrada Kalsel di HSS Pertandingkan 5 Cabor Tradisional

Pekan Olahraga Tradisional Daerah (Portrada) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi digelar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Selasa (23/04).

bakabar.com, KANDANGAN - Pekan Olahraga Tradisional Daerah (Portrada) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) resmi digelar di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Selasa (23/04).

Total sebanyak lima cabang olahraga (Cabor) yaitu balogo, eggrang, layang-layang aduan, lari balok, serta sumpitan dipertandingkan mulai 24 sampai 27 April 2024.

Pertandingan tersebut digelar di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, GOS Aluh Idut Kandangan, dan Stadion Imam Syafi'i Daha Selatan.

Penjabat (Pj) Bupati HSS Hermansyah didampingi Pj Ketua TP PKK HSS Rusnawati, Ketua Kormi HSS Kartoyo, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) HSS, Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina) secara resmi membuka Portrada Provinsi Kalsel.

"Diselenggarakannya Portrada Kalsel untuk meningkatkan pegiat-pegiat olahraga tradisional khususnya lima Cabor yang dipertandingkan," ucap Pj Bupati Hermansyah.

Kemudian, lanjut Hermansyah yang juga Wakil Kormi Kalsel sebagai penjaringan atlet untuk mewakili provinsi ke Portrada tingkat nasional.

"Jadi nanti mereka ini akan kita kirim ke tingkat nasional. Rencananya bulan Juli atau Agustus mendatang," paparnya.

Pihaknya berharap lima cabor yang dipertandingkan bisa mendapatkan atlet yang terbaik sehingga kembali berprestasi pada tingkat nasional.

"Terima kasih kepada Kormi HSS, mudah-mudahan olahraga tradisional ini semakin meningkat karena ini adalah olahraga yang diminati semua kalangan," ucapnya.

Hermansyah menambahkan, diselenggarakannya Portrada Kalsel juga dapat meningkatkan pendapatan UMKM yang ada di daerah.

Sementara itu, Ketua Kormi HSS Kartoyo menjelaskan bahwa Cabor eggrang diikuti 60 orang, lari balok 85 orang, layang-layang aduan 98 orang, balogo diikuti kurang lebih 300 orang se-Provinsi Kalsel.

"Selaku tuan rumah, kami juga mengirim banyak peserta untuk mengikuti lima Cabor tradisional yang dipertandingkan," ungkap Kartoyo.

Pihaknya melanjutkan, Portrada tingkat Provinsi Kalsel ini merupakan momentum bagi warga HSS yang mengikuti pertandingan dengan tujuan Pekan Olahraga Tradisional Nasional.

"InsyaAllah dengan adanya Portrada Kalsel, UMKM kita akan dapat meningkat. Tentunya dengan saling berkoordinasi antara semua pihak," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner