Kereta Cepat

Resmi Beroperasi! Whoosh Jadi Transportasi Darat Tercepat Indonesia

Kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh resmi beroperasi. Presiden Joko Widodo meresmikannya di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10) pagi.

Featured-Image
Kereta Cepat resmi dinamai Whoosh. Foto: Instagram/@keretacepat_id

bakabar.com, JAKARTA - Kereta cepat Jakarta-Bandung Whoosh resmi beroperasi. Presiden Joko Widodo meresmikannya di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Senin (2/10) pagi.

"Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini merupakan yang pertama di Indonesia. Dan juga pertama di Asia Tenggara," katanya saat peresmian.

Dalam peresmian, presiden didampingin Ibu Negara Iriana Jokowi. Juga ada Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Kereta cepat Whoosh mampu melaju dengan kecepatan 350 kilometer per jam. Ini Menjadi moda transportasi darat tercepat di Indonesia.

Karena itulah, kata Jokowi, kereta cepat ini dinamakan Whoosh. Sebab, dianggap begitu cepat.

"Sekali lagi Whoosh. Bacanya Whoosh," katanya.

Biar tahu saja. Whoosh juga merupakan singkatan dari Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat. Tarifnya belum diumumkan secara resmi. Namun diperkirakan kisaran Rp250.000-Rp350.000.

Izin operasi kereta cepat dikeluarkan melalui Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 114 Tahun 2023. Tentang Izin Operasi Sarana Perkeretaapian Umum PT Kereta Api Cepat Indonesia-China (KCIC). 

Editor


Komentar
Banner
Banner