Kalsel

Resah Pengumuman SBMPTN, Jalur Mandiri ULM Masih Terbuka Lebar

apahabar.com, BANJARMASIN – Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) akan segera diketahui 9 Juli…

Featured-Image
Ilustrasi mahasiswa ULM. Foto-ULM

bakabar.com, BANJARMASIN – Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) akan segera diketahui 9 Juli 2019. Tentunya ini membuat resah ratusan ribu peserta yang telah melalui berbagai tahapan seleksi demi bisa memasuki universitas pilihannya.

Sebelumnya, sebanyak 15.766 peserta terancam gagal masuk di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin. Dimana daya tampung ULM dibatasi hanya 3.076 kursi.

Meski begitu kesempatan masih terbuka lebar, karena ULM telah membuka jalur Mandiri.

“Tahun ini, ULM menargetkan 8 ribu peserta untuk jalur mandiri,” Ucap Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr Aminuddin Prahatama Putra kepadabakabar.com.

Dari data terakhir, Jumat (5/7) pukul 18.00, rekapitulasi peserta admisi 2019 menunjukkan sebanyak 3496 orang telah mendaftarkan diri pada jalur mandiri.

Baca Juga: Peserta SBMPTN Tembus 714.652 Orang

Peminat tertinggi masih dipegang oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 708 orang, lalu peminat terendah juga masih pada Fakultas Kehutanan sebanyak 40 orang.

Selain membuka jalur reguler, ULM juga membuka jalur lainnya yaitu bagi para Hafiz Al-Quran dan Disabilitas. Tercatat sudah ada empat orang mendaftar melalui jalur Hafiz dan 16 orang Disabilitas.

“Bagi Hafiz yang hapal 30 JuzAl-Quran, bisa masuktanpa melalui tes Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTMBK). Syaratnya memiliki sertifikat dan terdaftar pada portal admisi,” paparnya.

Lalu juga ada jalur untuk peserta berkebutuhan khusus seperti Tunanetra, Tunarungu, Tunawicara, Tunadaksa, Lamban belajar, Kesulitan belajar spesifik, gangguan spektrum autis serta Gangguan Perhatian dan Interaktif. Dengan total pendaftar sejauh ini sebanyak 19 orang.

Baca Juga: SBMPTN Hampir Ditutup, ULM Buka Jalur Mandiri

Reporter: Musnita Sari
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner