Kalsel

Resah, 15.766 Peserta Tidak Lolos SBMPTN ULM

apahabar.com, BANJARMASIN – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah berakhir Senin (26/6) tadi….

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah berakhir Senin (26/6) tadi. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) secara resmi memberikan hasil pendaftaran SBMPTN tahun 2019 per prodi kepada masing-masing Perguruan Tinggi Negeri.

MelaluiWakil Rektor I Bidang Akademik, Dr Aminuddin Prahatama Putra, diperoleh data, sebanyak 18.842 pendaftar yang terbagi pada 9.270 pendaftar pilihan pertama dan 9.572 pendaftar pilihan kedua. Sedangkan daya tampung Universitas Lambung Mangkurat (ULM) hanya sebanyak 3.076 kursi, sehingga 15.766 pendaftar otomatis dinyatakan tidak lolos.

Meski hasil UTBK telah di tangan, namun pengumuman secara resmi baru akan diketahui 9 Juli mendatang. Hal ini membuat beberapa peserta merasa resah, Cahya Arinda Mutia salah satunya. Ia mendaftarkan diri di Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang menjadi salah satu jurusan dengan peminat terbanyak.

Baca Juga:Peserta SBMPTN Tembus 714.652 Orang

"Kalau lihat dari hasil UTBK memang agak ragu, soalnya nilai saya masih di tengah-tengah standar. Sempat ikut rasionalisasi nilai di beberapa web, kalau dihitung-hitung masih 60 persen lah," akunya.

Diliputi rasa ragu, ia hanya bisa berpasrah diri menunggu hasil akhir.

"Semisal gak lolos di SBMPTN tahun ini, mau cari kerja dulu soalnya gak minat kuliah di jurusan lain. Kalau daftar mandiri kayaknya engga, kurang biayanya," ucapnya.

Sebelumnya, Fakultas Hukum menyediakan daya tampung terbesar dibanding prodi lainnya yaitu sebanyak 261 kursi. Dari perolehan data, justru peminat terbanyak pada kelompok Saintek diperoleh oleh prodi Pendidikan Dokter yaitu 1182 pendaftar dengan daya tampung hanya 63 kursi. Sedangkan kelompok Soshum diperoleh oleh prodi Manajemen yaitu 1015 pendaftar dengan daya tampung 98 kursi.

Baca Juga: SBMPTN Hampir Ditutup, ULM Buka Jalur Mandiri

Reporter: AHC09
Editor: Muhammad Bulkini

Komentar
Banner
Banner