Pemkab Banjar

Renovasi Stadion Demang Lehman Segera Dimulai, Pemkab Banjar Siap Memfasilitasi

Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalsel menggelar Rakor persiapan pelaksanaan rehabilitasi dan renovasi Stadion Demang Lehman (SDL) Martapura.

Featured-Image
BPPW Kalsel menggelar Rakor persiapan pelaksanaan rehabilitasi dan renovasi Stadion Demang Lehman (SDL) Martapura tahun 2024. Foto: MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Dukungan penuh diberikan Pemkab Banjar terhadap pekerjaan renovasi Stadion Demang Lehman. Direncanakan renovasi dimulai awal Maret 2024.

Dukungan disampaikan dalam rapat koordinasi persiapan pelaksanaan rehabilitasi dan renovasi stadion antara Pemkab Banjar bersama Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Kalimantan Selatan, Kamis (29/2).

“Pemkab Banjar menyampaikan terimakasih dan mendukung dengan memfasilitasi pelaksanaan renovasi agar berjalan dengan lancar,” papar Sekdakab Banjar, HM Hilman, dalam pertemuan tersebut.

Salah satunya melalui penataan aset Pemprov Kalsel dan Barito Putera, sehingga kontraktor pelaksana bisa bekerja sesuai jadwal.

“Kami juga yang menyiapkan berbagai syarat administratif seperti Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), SLF, dokumen lingkungan, hingga Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin)," ungkap Hilman.

Renovasi Stadion Demang Lehman merupakan Instruksi Presiden (Inpres) untuk memperbaiki standar stadion-stadion di Indonesia. Proyek ini akan dikerjakan PT Nindiya Karya dengan PT Pola Teknik sebagai konsultan manajemen konstruksi.

“Renovasi dilakukan sesuai standar FIFA. Antara lain mengganti seluruh tempat duduk dengan single seat, penambahan seat VVIP menjadi 7.200 unit dan bernomor,” jelas Teuku Davis Hamid, Kepala BPPW Kalsel Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR.

Kemudian mengganti elemen atap penutup dan rangka, jalur disabilitas dan evakuasi untuk menghindari tragedi di Stadion Kanjuruhan Malang.

"Semua rumput lapangan juga akan sesuai standar FIFA, termasuk penataan drainase stadion. Adapun anggaran rehab dan renovasi bersumber dari APBN sebesar Rp108 miliar. Diharapkan pekerjaan rampung akhir 2024," tutup Davis.

Editor


Komentar
Banner
Banner