Peristiwa & Hukum

Relawan Gabungan Masih Cari Remaja Tenggelam di Sungai Munti HST

Pukul 23.59 Wita tepatnya tengah malam, pencarian sempat dihentikan. Dilanjutkan pada hari ini, Sabtu 3 Februari 2024, mulai sekitar pukul 07.00 Wita

Featured-Image
Koordinator Unit Siaga SAR Tabalong, Maulana Abdillah. Foto-istimewa.

bakabar.com, BARABAI - Relawan gabungan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) bersama Unit Siaga SAR Tabalong terus lakukan pencarian remaja diduga tenggelam di Sungai Munti.

Koordinator Unit Siaga SAR Tabalong, Maulana Abdillah mengatakan pencarian oleh tim relawan gabungan sudah dilakukan sejak Jumat (2/2/24) malam.

“Namun, pukul 23.59 Wita tepatnya tengah malam, pencarian sempat dihentikan. Dilanjutkan pada hari ini, Sabtu 3 Februari 2024, mulai sekitar pukul 07.00 Wita,” jelasnya, Sabtu (3/2/24).

Ia mengatakan terkait persiapan alat perlengkapan dan hal lainnya untuk pencarian korban tenggelam di mulai sejak pukul 06.00 Wita pagi tadi.

Kemudian, kata dia, pihaknya juga mengimbau kepada para relawan yang bertugas agar selalu menjaga keselamatan serta keamanan diri.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada  seluruh relawan yang tergabung di posko pencarian yang bertempat di Halaman Kantor DPRD HST,” tuturnya.

Ia menjelaskan apabila korban ditemukan dalam keadaan masih bernyawa, permintaan keluarga agar sesegera mungkin di evakuasi ke RSUD H Damanhuri Barabai.

“Apabila korban ditemukan tidak bernyawa atau sudah meninggal, agar langsung di evakuasi ke rumah duka/rumah korban di Gang Jambu I, Desa Tangkarau Tengah, Kecamatan Barabai, HST,”jelasnya.

Selanjutnya, Maulana menjelaskan terkait teknik pencarian terhadap korban yakni dengan mengoptimalkan lemak tubuh si korban atau pembengkakan.

“Jadi untuk penyelaman masih tidak direkomendasikan. Kalau pun ada kawan-kawan yang melakukan penyisiran disilakan, namun harus tetap menggunakan pelampung,” ujarnya.

Terkait peralatan yang digunakan saat ini, jelasnya ada perahu karet, penerangan untuk malam hari, juga ada beberapa alat senter, serta tentu ada pelindung diri.

Diketahui, remaja laki-laki bernama Muhammad Luthfi Hidayat diduga tenggelam saat berenang di Sungai Munti, Kecamatan Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Jumat (2/1/24) sore, sekitar pukul 17.30 Wita.

Editor
Komentar
Banner
Banner