Hot Borneo

Relawan dan Personel Polsek Kapuas Timur Dilatih Penanganan Lakalantas

apahabar.com, KUALA KAPUAS – Sejumlah perwakilan relawan dan anggota Polsek Kapuas Timur, Kalteng, dilatih tindakan pertama…

Featured-Image
Sejumlah perwakilan relawan dan anggota Polsek Kapuas Timur, Kalteng, dilatih tindakan pertama penanganan kecelakaan lalulintas, Kamis (19/5). Foto: Istimewa

bakabar.com, KUALA KAPUAS – Sejumlah perwakilan relawan dan anggota Polsek Kapuas Timur, Kalteng, dilatih tindakan pertama penanganan kecelakaan lalulintas, Kamis (19/5).

Kegiatan yang dipusatkan di Polsek Kapuas Timur tersebut menghadirkan sejumlah nara sumber di antaranya Kasat Lantas Polres Kapuas AKP Sugeng dan Ketua IDI Kapuas dr Ahmad Haspihani.

Adapun perwakilan relawan yang mengikuti pelatihan tersebut seperti dari Balakar dan BPK se-Kecamatan Kapuas Timur.

Kapolsek Kapuas Timur, Iptu Eko Sutrisno, berharap peserta pelatihan dapat memperhatikan dan mempedomani apa yang yang disampaikan nara sumber dalam pelatihan tersebut.

“Sehingga nantinya di lapangan tidak kebingungan dalam menghadapi permasalahan. Khususnga dalam tindak pertama penanganan kecelakaan,” katanya.

Sementara itu Bripka Anton Loren dari Satlantas Polres Kapuas dalam pelatihan tersebut menjelaskan kepada relawan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menangani lakalantas.

Pertama menginformasikan kepada petugas dalam hal ini Polsek terdekat. Selanjutnya memperhatikan situasi.

“Kita ambil dokumentasi posisi yang terlibat kecelakaan. Kemudian menandai posisi korban dan ranmor yang terlibat kecelakaan,” beber Anton.

Selain itu juga menolong korban yang terlibat kecelakaan. Mencatat saksi-saksi yang melihat kejadian lakalantas.

“Kemudian memindahkan ranmor yang menghalangi jalan yang menimbulkan kemacetan di geser ke pinggir,” jelas Bripka Anton.

Komentar
Banner
Banner