Banjarmasin Hits

Relawan Balakar 654 Murakata HST Salurkan Bantuan Banjir Kalteng

Rombongan relawan langsung berangkat menuju Kabupaten Barito Selatan, Kalteng dengan dikawal unit Satpol PP dan Damkar hingga perbatasan Kabupaten HST-Balangan.

Featured-Image
Pelepasan secara simbolis puluhan personel Balakar 654 Murakata untuk berangkat ke Kalteng menyalurkan bantuan sembako bagi warga terdampak banjir, Sabtu (3/2/24). Foto-Dok Balakar 654 Murakata.

bakabar.com, BARABAI - Puluhan personel relawan Balakar 654 Murakata berangkat ke Kalimantan Tengah (Kalteng) membawa saluran bantuan dari warga Hulu Sungai Tengah (HST) bagi masyarakat terdampak banjir.

Para personel relawan itu dilepas secara simbolis oleh Kepala Satpol PP dan Damkar HST, Subhani di Halaman Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, Sabtu (3/2/24) sekitar pukul 09.00 Wita.

Usai acara pelepasan, rombongan relawan langsung berangkat menuju Kabupaten Barito Selatan, Kalteng dengan dikawal unit Satpol PP dan Damkar hingga perbatasan Kabupaten HST-Balangan.

“Bantuan yang disalurkan ini merupakan hasil dari galang dana yang dilakukan relawan selama sepekan terakhir dari masyarakat HST,” ujar Koordinator kegiatan, Budiansyah.

Ia mengatakan total dana yang terkumpul sekitar Rp31 juta dan telah dibelikan paket sembako.

“Jumlah sembako yang dibeli sebanyak 330 paket dan akan kami bagikan langsung per rumah," jelasnya.

Ia mengatakan terkait Lokasi penyalurnya, yakni di Desa Lahai (Mangkatip), Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan yang merupakan salah satu titik terdampak banjir besar Kalteng.

Kemudian, untuk total personel yang berangkat ada 30 orang dari sejumlah relawan dan BPK dengan menggunakan 6 unit.

Lebih lanjut, Budi mengungkapkan alasan pihaknya melakukan galang dana ini atas dasar bekerja untuk kemanusiaan.

“Terlebih lagi, pada tahun 2021 lalu warga Kalteng, khususnya Barito Selatan telah banyak membantu kita dalam penanggulangan pasca banjir bandang,” ujarnya.

Dengan adanya hal itu, kata dia, menjadi motivasi pihaknya merasa tergugah kembali untuk turut membantu secara kemanusiaan, walaupun hanya semampunya.

Sementara Kepala Satpol PP dan Damkar HST, Subhani mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi inisiatif yang dilakukan oleh Balakar 654 Murakata, relawan, dan masyarakat HST dalam hal mengumpulkan donasi untuk musibah kebanjiran di Kalteng ini.

"Rasa kemanusiaan ini patut diapresiasi," ujarnya.

Ia berharap semoga apa yang telah dikumpulkan ini benar-benar tersalur kepada yang memang membutuhkannya.

“Serta, mendapat keberkahan atas segala yang telah dilakukan,” tutupnya.

Baca Juga: Balakar 654 Murakata Kumpulkan Rp22 Juta untuk Korban Banjir Kalteng

Editor
Komentar
Banner
Banner