LIFESTYLE

Rekomendasi Menu Sahur yang Praktis untuk Anak Kos

Berikut rekomendasi resep yang cocok untuk anak rantau

Featured-Image
Ilustrasi menu sahur. Foto: IDN.

bakabar.com, JAKARTA – Ramadan bisa menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang baru tinggal di tanah rantau. Kalau sedianya langsung menyuap sahur yang disiapkan orang tua, kini ‘anak kos’ itu harus mempersiapkannya sendiri.

Bukan hanya soal waktu, budget bulanan pun menjadi hal lain yang memperberat tantangan bagi anak kos. Mereka harus pandai mengatur pengeluaran agar bisa bertahan selama satu bulan ke depan.

Untuk itu, hidangan yang praktis dan murah bisa menjadi pilihan tepat sebagai menu sahur. Merangkum berbagai sumber, berikut rekomendasi resep yang cocok untuk anak rantau:

Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan salah satu menu sahur yang mudah dibuat lagi murah. Pertama, rebus sosis sebentar dan potong-potong. Selanjutnya, tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai merah hingga harum.

Tambahkan nasi putih yang sudah matang, kecap manis, kecap asin, garam, dan merica. Aduk rata, kemudian masukkan sosis yang tadi sudah dipotong-potong. Tambahkan telur dadar yang telah digoreng sebagai topping.

Martabak Mi

Mi instan barangkala menjadi salah satu penolong anak kos saat menyediakan santapan sahur sederhana. Namun, jika hanya menyantap mi instan dengan cara yang sama tiap harinya, akan membosankan.

Oleh karena itu, Anda bisa membuat martabak mi, yaitu campuran dari mi yang telah direbus dengan satu atau dua butir telur. Menu sahur ala anak kos ini tentu juga praktis, murah, serta lebih sehat.

Anda bisa menambahkan berbagai makanan, seperti sayuran, bakso, atau sosis, sebagai penambah rasa. Setelah ditambahkan bumbu, goreng campuran mi dan telur itu layaknya menggoreng telur dadar.

Sup Sayur

Menu sahur ala anak kos berikutnya adalah sup sayur atau sayur orak-arik. Hidangan ini tak sulit dibuat, di mana hanya perlu mencampurkan telur dengan beberapa jenis sayur, semisal kol, buncis, wortel, tauge, atau sebagainya.

Rebus sayuran dan telur itu dalam air sampai empuk. Tambahkan kaldu ayam bubuk, garam, dan merica sesuai selera. Aduk rata, lalu biarkan hingga kuah mendidih. Menu praktis ini pun siap disantap, sekaligus memberikan gizi yang sehat untuk tubuh.

Oatmeal

Oatmeal bisa menjadi menu sahur ala anak kos yang murah lagi bergizi. Makanan berbahan gandum ini berkhasiat menjaga kebugaran tubuh selama berpuasa, serta membuat kenyang lebih lama.

Anda hanya perlu menyediakan stok oatmeal. Lalu, tambahkan madu dan buah-buahan yang diinginkan, salah satunya pisang. Buah ini mudah didapatkan dan rasanya pas bila dipadukan dengan oatmeal.

Sarden Kalengan

Ikan yang dikemas kalengan ini juga ideal dijadikan menu sahur karena mudah disajikan dan bernutrisi tinggi. Cara mengolahnya, cukup dimasak menggunakan rice cooker. 

Selain itu, juga bisa ditambahkan bahan lain, seperti sayuran. Atau, sumber protein seperti tahu dan tempe.

Itulah beberapa menu sahur yang praktis lagi murah untuk anak kos. Selamat mencoba!

Editor


Komentar
Banner
Banner