Kalsel

Razia Jelang Tahun Baru, Wisnu: 2 Pengunjung Grand Positif Narkoba

apahabar.com, BANJARMASIN – Sepekan menjelang perayaan Tahun Baru, Direktorat Narkoba Polda Kalimantan Selatan mulai mewaspadai peredaran…

Featured-Image
Razia di salah satu THM yang ada di Banjarmasin, polisi menemukan dua pengunjung positif narkoba. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Sepekan menjelang perayaan Tahun Baru, Direktorat Narkoba Polda Kalimantan Selatan mulai mewaspadai peredaran narkoba. Pasalnya, transaksi narkoba setiap tahunnya atau menjelang pergantian tahun memang sangat signifikan.

Direktur Narkoba Polda Kalsel Kombes Wisnu Widarto mengatakan banyak masyarakat yang akan merayakan pergantian tahun di sejumlah THM di kawasan Kota Banjarmasin. Polisi mengidentifikasi adanya pesta narkoba saat malam tahun baru.

“Sementara dugaan ke sana (pesta narkoba). Masih dugaan, masih kita dalami. Saya belum bisa bilang pasti, kita masih pantau dan dalami ke sana (THM),” ujar Wisnu saat dikonfirmasibakabar.commelaluigawainya, Selasa (24/12) malam.

Wisnu menyampaikan polisi telah mempunyai titik-titik mana yang rawan peredaran narkoba di Kalsel. Namun demikian, ia tidak merinci mana saja daerah tersebut. “Kita pantau terus ya, terutama jalur pintu masuk ke Kalsel. Baik darat, laut maupun udara (Bandara Syamsudin Noor),” sebutnya.

Selain itu, pihaknya mengaku akan menggalakkan razia ke sejumlah tempat hiburan malam. Seperti yang sudah dilakukan tim gabungan Polda Kalsel bersama BNNP Kalsel pada Senin (23/12) malam kemarin saat menggelar razia Dalam rangka Operasi Cipta Kondisi jelang pergantian tahun.

Hasilnya,dua pengunjung diskotik Grand Banjarmasin berhasil menciduk karena tes urinenya positif narkoba. Dua pengunjung Grand Diskotik berjenis kelamin laki-laki itupun langsung digiring ke kantor BNNP Kalsel.

“Dua pengunjung tempat hiburan malam, laki-laki positif narkoba saat dilakukan tes urine ditempat (indikasinya ekstasi alias ineks). Mereka langsung dibawa petugas BNNP Kalsel guna pemeriksaan lanjut,” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu, Ditnarkoba Polda Kalsel,Sat Narkoba Polresta Banjarmasindan BNNP Kalsel tidak menemukan barang bukti narkoba. Namun, kedua pengunjung itu tetap diperiksa oleh BNNP.

“Kegiatan ini dilakukan polisi dan BNNP dalam rangka mencegah penyalahgunaan narkoba terutama oleh anak-anak muda di tempat hiburan malam pada saat berakhir pekan,” tutur Wisnu.

“Razia tersebut diharapkan dapat memberikan efek jera agar tidak ada lagi peredaran narkoba di tempat hiburan malam,” imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Mochamad Rifai menjelaskan, penggeledahan terhadap sejumlah pengunjung THM pada razia Senin malam kemarin itu dilakukan tanpa merusak kenyamanan pengunjung tempat hiburan malam.

“Contohnya saat masuk ke room-room karaoke, petugas mengedepankan salam. Misalnya,permisi kepada masyarakat yang sedang karaoke, nyanyi, maupun makan, lalu kami lakukan pemeriksaan tes urine,” tandasnya.

img

Razia di salah satu THM yang ada di Banjarmasin, polisi menemukan dua pengunjung positif narkoba. Foto-Istimewa

Baca Juga: Puluhan Banser NU Kawal Perayaan Malam Natal di Kalsel

Baca Juga: Amankan Malam Natal, Anjing Pelacak Turut Diturunkan

Reporter: Eddy AndriyantoEditor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner