rawon

Rawon Jadi Peringkat Utama dari 10 Sup Terenak di Dunia, Ramen Lewat!

Rawon jadi peringkat pertama sup terenak versi TasteAtlas. Mengalahkan Ramen Jepang dan Tom Kha Gai Thailand.

Featured-Image
Sup Rawon dinobatkan sebagai nomad satu hidangan sup terenak di dunia versi TasteAtlas. Foto: unileverfoodsolution

bakabar.com, JAKARTA – Rawon jadi peringkat pertama sup terenak versi TasteAtlas. Mengalahkan Ramen Jepang dan Tom Kha Gai Thailand.

Bicara soal kuliner, makanan Indonesia memang tidak bisa diadu. Ramuan rempah-rempah otentik mampu memberikan suapan yang menghipnotis selera.

Rawon, masakan Nusantara dari Jawa Timur baru saja dinobatkan sebagai hidangan nomor satu dari 10 Daftar Sup Terenak di Dunia menurut TasteAtlas 2023. Bikin bangga, karena rawon mendapatkan nilai 4.8 versi TasteAtlas dan menggeser Ramen ke peringkat kedua.

Peringkat tersebut telah dikurasi berdasarkan peringkat audiens, di mana TasteAtlas merupakan panduan lengkap kuliner dari seluruh dunia. Perusahaan yang didirikan oleh pengusaha Kroasia ini juga menampilkan penilaian, komunitas pembaca dan berbagai resep hidangan.

Baca Juga: Sop Empal Bu Haryoko, Kuliner Magelang Sejak Masa Penjajahan Jepang

Rawon adalah sebuah hidangan dari Jawa Timur yang terkenal karena kuahnya yang berwarna hitam dan citarasa yang kaya juga khas. Warna hitam pada rawon biasanya dihasilkan dari ekstrak biji keluak, yang memberikan hidangan ini cita rasa unik.

Dalam penyajiannya, semangkuk rawon berisi tauge kecambah, daun bawang, dan disiram kuah rawon yang berwarna hitam pekat dengan isi daging dan tetelan. Semangkuk rawon biasanya disajikan dengan nasi putih hangat serta kerupuk udang dan telur asin sebagai pelengkapnya. Beberapa menikmatinya dengan mencampurkan nasi langsung di mangkuk rawon.

Nasi Rawon
Sup Rawon bisa menjadi bukti kuliner nusantara yang diakui dunia. Foto: Siti Chasanah/istock photo

Berikut Daftar 10 Sup Terenak di Dunia Menurut TasteAtlas:
1. Rawon (Surabaya, Indonesia)
2. Ramen tonkotsu (Fukuoka, Jepang)
3. Tom kha gai (Thailand)
4. Sopa de lima (Yucatan, Mexico)
5. Taiwanese hot pot (Taiwan)
6. Ciorba radauteana (Radauti, Romania)
7. Bori-bori (Paraguay)
8. Ramen (Jepang)
9.  Shoyu ramen (Tokyo, Jepang)
10. Zurek (Polandia)

Berhasil mendapat peringkat pertama sebagai sup terenak di dunia menunjukkan kelas kuliner Indonesia di mata dunia. Sebelumnya, rendang juga pernah menyabet penghargaan sebagai makanan terenak di dunia, begitu juga dengan nasi goreng.

Penghargaan ini bisa menjadi prestasi yang membanggakan bagi masakan Indonesia dan juga membawa manfaat positif bagi industri kuliner Indonesia, dan menjadi dorongan untuk lebih mengapresiasi kekayaan dan keunikan masakan dari berbagai wilayah di Indonesia dan dunia.

Editor


Komentar
Banner
Banner