Ratusan Santri Asal Bali Mudik Lebih Awal dari Banyuwangi

Sekitar 400 orang santri asal Bali memutuskan mudik Lebaran lebih awal dan tiba di Terminal Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Featured-Image
Santri Pondok Pesantren Darussalam Blokagung, Banyuwangi, Jawa Timur, berjalan bersama keluarganya setibanya di Terminal Mengwi, Badung, Bali. (Foto: Antara)

bakabar.com, JAKARTA - Sekitar 400 orang santri asal Bali memutuskan mudik Lebaran lebih awal dan tiba di Terminal Mengwi, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Ratusan santri Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Banyuwangi, Jawa Timur tersebut sebagian besar berasal dari Denpasar, Klungkung, dan Tabanan.

"Para santri mudik karena saat ini mereka telah memasuki masa libur Hari Rayaa Idulfitri 1444 Hijriah," ujar Ketua Alumni Asuhan Darussalam Blokagung Sarbagita, Dimas Tegar, Jumat (7/4) malam.

Baca Juga: Siap Sambut Mudik Lebaran, ASDP Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Siagakan 49 Kapal

Dimas menerangkan setiap tahunnya para santri dari Ponpes Darussalam Blokagung, Banyuwangi tersebut pulang secara terkoordinasi dalam rombongan besar.

Karena itu, pihaknya juga melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait. Khususnya pengelola Terminal Mengwi dengan memfasilitasi lokasi kedatangan para santri.

"Ini merupakan kerja sama tahun ketiga dengan pengelola Terminal Mengwi karena di sini tempatnya sangat memadai, baik dari fasilitas maupun keamanannya lebih terjamin," ujarnya seperti dilansir Antara.

Baca Juga: Sumringah, Petani Buah Naga Banyuwangi Ketiban Berkah di Bulan Ramadan

Selain itu, setiap tanggal 16 bulan Syawal para santri juga harus kembali ke pondok. Secara keseluruhan para santri mendapatkan hak libur Hari Raya Idulfitri selama sebulan.

Pelaksana Tugas Kordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Mengwi Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Bali Made Ardana mengatakan selama ini pihaknya sudah memfasilitasi penjemputan para santri yang tiba di Bali dengan menyediakan pengaturan lalu lintas serta area parkir.

"Kami juga memfasilitasi ruang tunggu bagi seluruh keluarga yang menjemput ratusan santri ini. Proses pengaturannya juga dilakukan dengan berkoordinasi bersama Banser," katanya.

Baca Juga: Pedagang Kue Tradisional Khas Banyuwangi 'Patola' Ramai Diburu Pembeli

Berdasarkan pemantauannya hingga saat ini arus penumpang di Terminal Mengwi masih terpantau normal. Peningkatan arus mudik Lebaran 2023 diperkirakan mulai terjadi pada H-10 sebelum Lebaran.

"Sedangkan untuk puncak arus mudik di Terminal Mengwi diperkirakan terjadi pada H-3 Lebaran," jelasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner