Pemkab Tanah Bumbu

Ratusan Peserta Ikut Meriahkan MTQ Tingkat Kecamatan Batulicin

apahabar.com, BATULICIN – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XVII tingkat Kecamatan Batulicin sudah dibuka di…

Featured-Image
MTQ Nasional ke XVII Tingkat Kecamatan Batulicin digelar selama 5 hari di Halaman Masjid Agung Nurussalam, Gunung Tinggi. Foto-Istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke XVII tingkat Kecamatan Batulicin sudah dibuka di halaman Masjid Agung Nurussalam, Kelurahan Gunung Tinggi.

Event tersebut diselenggarakan selama 5 hari, dari 8 sampai 12 Maret 2020.

Dimulainya pelaksanaan MTQ diawali dengan pelepasan ratusan peserta pawai ta’aruf, kemudian dilanjutkan pembukaan dengan pemukulan gong oleh Camat Batulicin, M Yamani, Minggu (8/3) sore.

Ketua Pelaksana, Abdul Muis, dalam laporannya menyampaikan ada 25 cabang yang akan dilombakan dengan jumlah peserta yang mengikuti kegiatan sebanyak 180 peserta.

“Ada 180 peserta yang ikut, mereka berasal dari 2 kelurahan dan 7 desa se-Kecamatan Batulicin,” terangnya.

Abdul Muis menambahkan untuk para pemenang lomba di MTQ ini akan diikutkan dalam MTQ tingkat kabupaten yang rencananya akan digelar di Kecamatan Simpang Empat.

“Semoga para pemenang nanti dapat lagi meningkatkan kemampuannya di ajang yang lebih tinggi,” tuturnya.

Sementara Camat Batulicin, M Yamani, mengatakan MTQ adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun secara berjenjang.

MTQ, selain sebagai peningkatan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, juga sebagai ajang silaturrahmi dalam mempererat ukhuwah islamiah melalui siar Islam yakni Al-Qur’an.

“Hendaknya momentum ini kita jadikan sebagai penyemangat dalam meningkatkan minat baca Al-Qur’an di Bumi Bersujud,”ujarnya.

Melalui pelaksanaan MTQ ini, Yamani berharap para generasi muda dapat memahami nilai-nilai Al-Qur’an yang terkandung di dalamnya. Serta mampu menciptakan generasi muda yang bermoral memiliki sifat spritual dan berakhlakul karimah sesuai dengan tuntunan Islam.

“Dengan semangat MTQ kita tingkatkan minat baca Al-Qur’an menuju generasi qurani yang cerdas dan berakhlak mulia,” tandasnya.

Kegiatan juga dihadiri unsur Muspika Batulicin, tokoh agama dan masyarakat.

Baca Juga: Sabyan Gambus Meriahkan Pembukaan MTQ ke-44 Kabupaten Banjar

Reporter: Syahriadi
Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner