News

Ratusan Mahasiswa FH Uniska Peroleh Pendidikan Hukum agar Jadi Mediator Handal

Ratusan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (FH Uniska Mab) mengikuti kegiatan Pendidikan dan Latihan Kemahiran

Featured-Image
Dekan FH Uniska, Dr Afif Khalid mengatakan, kegiatan pendidikan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan mahasiswa khususnya dalam ilmu hukum. Foto- Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN - Ratusan mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (Uniska MAB) mengikuti kegiatan Pendidikan dan Latihan Kemahiran Hukum tahun akademik 2022-2023.

Kegiatan tersebut digelar selama tiga hari, yakni 16-18 Januari 2023 di Ruang Seminar FH Uniska Banjarmasin. 

Di sana, mahasiswa akan dibekali materi tentang hukum acara pidana, hukum acara perdata, hukum acara peradilan agama, dan hukum acara peradilan tata usaha negara (TUN) dengan menghadirkan pemateri dari akademisi serta praktisi di bidang masing-masing.

Dekan FH Uniska, Dr Afif Khalid mengatakan, kegiatan pendidikan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan pengetahuan mahasiswa, khususnya dalam ilmu hukum.

"Jadi mahasiswa ini bukan hanya cerdas dari segi teoritis, tapi juga dari segi praktik," ucap Afif Khalid. 

Menurutnya, langkah ini sejalan dengan tujuan fakultas yang ingin mahasiswanya menjadi akademisi dan mediator atau praktisi hukum handal.

"Alhamdulilah ini juga diimbangi dengan fasilitas yang sudah hampir 90 persen meningkat dibandingkan tahun sebelumnya," katanya.

Ia berharap mahasiswa nantinya bisa melakukan pendidikan lanjutan seperti advokasi dan jenjang lainnya.

Pengalaman dan kegiatan ini, kata dia, bisa menjadi modal mahasiswa dalam melanjutkan jenjang di bidang hukum.

"Seperti mediator hukum dan notaris. Bisa juga mau jadi hakim dan jaksa yang harus mengikuti tes terlebih dahulu," tambahnya.

Afif menjelaskan, semua kegiatan yang dilaksanakan tersebut murni untuk mahasiswa dan mahasiswi FH Uniska agar menjadi cerdas dari segi teoritis serta praktik.

"Nanti juga ada mata kuliah berkelanjutan untuk semester akhir yang namanya kemahiran hukum. Di mana pengajarnya khusus dari para praktisi hukum," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner