Pemkab Tala

Ratusan Kepala Desa di Tala Ikuti Pelatihan Kepemimpinan 

Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut, H Syamsir Rahman membuka secara resmi pelatihan kepemimpinan bagi kepala desa.

Featured-Image
Pj Bupati Tala H Syamsir Rahman foto bersama dengan Kepala Desa di sela pelatihan kepemimpinan. Foto: Pemkab Tala

bakabar.com, BANJARMASIN - Penjabat (Pj) Bupati Tanah Laut, H Syamsir Rahman membuka secara resmi pelatihan kepemimpinan bagi kepala desa di Hotel Aria Barito Banjarmasin, Sabtu (27/4/2024).

Syamsir Rahman mengatakan, kegiatan ini sangat penting dalam rangka meningkatkan kemampuan kepada aparat desa.

Karena itu dalam pelatihan tersebut kepala desa berdiskusi berbagai persoalan, seperti korupsi, radikalisme dan terorisme.

"Bagaimana mereka bisa mengantisipasi atau paling tidak memberikan informasi di tingkat desa," ujar H Syamsir Rahman.

Menurut dia, desa adalah wilayah terkecil dipimpin oleh kepala desa yang perlu mendapatkan masukan-masukan.

"Saya sebagai Pj Bupati Tanah Laut berharap ada suatu perlindungan dalam melakukan kegiatannya. Ya namanya manusia tidak ada yang sempurna 100 persen, tapi ada satu kesalahan," ungkapnya.

Kesalahan itulah, sebut dia, dilakukan pelatihan-pelatihan dan perlindungan kedepannya, baik itu dari kejaksaan, kepolisian maupun pengadilan.l

Karena dalam bekerja, jelas dia, harus gembira dengan hati yang senang, kalau bekerja dengan hati yang was-was itu sangat susah untuk merealisasikan apa yang menjadi target keberhasilannya

"Yang paling penting bagi kepala desa adalah, enak tidur, enak makan bersama keluarga dan dapat membantu warganya. Ini yang akan kita ciptakan di Tanah Laut," tegasnya.

Ke depannya, sambung dia, dibantu dengan para camat dan bupati akan memberikan bagaimana peran kepala desa bisa lebih besar lagi kedepannya.

"Seperti contohkan pengelolaan jalanan dan lampu yang padam. Kita serahkan saja nanti ke kepala desa kewenangannya," tandasnya.

Diterangkan Syamsir, rumahnya ada di Dinas Perhubungan dan pelaksanaannya oleh kepala desa dan diawasi camat.

"Berapa kebutuhan jangan sampai rakyat  mengeluarkan biaya untuk penerangan jalan seperti mengganti bola lampu yang pecah. Ini mereka semua yang tahu," tegasnya.

Dia berharap, bagi kepala desa ada perhatian dari pemerintah daerah  karena banyak sudah kepala desa berlalu begitu saja.

"Mereka meninggal tidak ada penghargaan, padahal mereka itu membangun Tanah Laut," tandasnya.

Jadi ketika mereka meninggal, ungkap dia, harus ada uang duka yang harus pemerintah daerah pikirkan.

"Bagaimanapun mereka sudah memberikan raganya, titik peluhnya untuk Kabupaten Tanah Laut  dan saya yakin Tanah Laut akan maju apabila kepala desa ini bagus,  saling dalam mengikat kebersamaan dan bersatu,"tandasnya.

Narasumber dari KPK, Kejaksaan, Pj Bupati Tanah Laut dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalsel.

Editor


Komentar
Banner
Banner