DPRD Banjarbaru

RAPBD 2025 Disampaikan, DPRD Banjarbaru Targetkan Rampung Sebelum Pelantikan

Rapat Paripurna Penyampaian Raperda Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran (TA) 2025 digelar di Graha Paripurna DPRD Kota Banjarbaru

Featured-Image
RAPBD 2025 Disampaikan Wakil Wali Kota Wartono dalam Rapat Paripurna di DPRD Banjarbaru. Foto : Humas DPRD Banjarbaru

bakabar.com, BANJARBARU - Rapat paripurna penyampaian Raperda APBD 2025 digelar di Graha Paripurna DPRD Kota Banjarbaru, Sabtu (7/9).

Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono, menyampaikan jika pada 2025 nanti akan melaksanakan prioritas pembangunan yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kota Banjarbaru Tahun 2024–2026.

“Pada tahun 2025,  tema pembangunan Kota Banjarbaru adalah pemantapan daya saing daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dalam rangka Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan,” ucapnya.

Adapun penyusunan anggaran tahun 2025 ini sebutnya telah melalui proses sinkronisasi dengan kebijakan perencanaan nasional dan provinsi Kalimantan selatan serta memperhatikan belanja wajib dan program juara, yang meliputi beberapa kegiatan yang terdapat dalam SKPD yakni diantaranya pelayanan berbasis teknologi, homecare,beasiswa pendidikan tinggi, RT Mandiri, Urban Farming dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Dalam rangka peningkatan pelayanan bidang Pendidikan, Pemerintah Kota Banjarbaru secara konsisten dan berkesinambungan mengalokasikan anggaran paling sedikit 20 persen dari total belanja daerah.” tambah Wartono

Selain itu, Pemerintah Kota Banjarbaru juga memperhatikan belanja pembangunan infrastruktur, belanja fungsi pengawasan dan peningkatan kompetensi ASN Pemko Banjarbaru serta belanja peyanan dasar terkait standar pelayanan minimal (SPM) yang telah ditetapkan.

Dalam APBD Kota Banjarbaru tahun 2025, pendapatan diproyeksikan sebesar Rp1.590.154.320.110 dan belanja daerah sebesar Rp1.600.926.132.110

Wartono berharap, Raperda dapat dibahas bersama sesuai dengan tahapan yang berlaku. “Sehingga seluruh kegiatan benar-benar dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tuntasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Banjarbaru Fadliansyah Akbar menyebut, APBD Murni 2025 meningkat. Semula di tahun 2024, target pendapatan Rp1,4 triliun. Kemudian di tahun 2025 naik Rp1,5 triliun.

Meski demikian, alokasi anggaran sebutnya masih sama, yakni sebesar 20 persen untuk sektor pendidikan dari belanja daerah.

“Direncanakan, pembahasan Raperda APBD TA 2025  ditarget sebelum pelantikan 9 Oktober 2024,” tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner