Kalsel

Rapat Paripurna Internal, DPRD Banjarmasin Siapkan Proker 2022

apahabar.com, BANJARMASIN – DPRD Kota Banjarmasin menggelar rapat paripurna internal, Senin (31/5). Rapat digelar untuk menyusun…

Featured-Image
DPRD Banjarmasin menggelar rapat paripurna internal. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – DPRD Kota Banjarmasin menggelar rapat paripurna internal, Senin (31/5).

Rapat digelar untuk menyusun program kerja, kegiatan, indikator serta target capaian kinerja dewan tahun 2022.

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali menjelaskan, sesuai Pasal 95 ayat (1) Undang-Undang Nomor 23 tahun 2015 tentang Pemerintahan Daerah; penyelenggaraan pemerintah dilaksanakan DPRD dan kepala daerah yang diberi mandat oleh rakyat

Dengan demikian kata Matnor Ali, DPRD dan kepala daerah berkedudukan sejajar yang mempunyai fungsi dan tugas berbeda.

Sebagai representasi rakyat lanjutnya, DPRD mempunyai tanggung jawab besar menumbuhkan demokrasi, menjamin keterwakilan rakyat serta menumbuhkan hubungan dan mekanisme yang menjaga keseimbangan antara lembaga perwakilan rakyat dengan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Menyikapi tanggung jawab yang besar itu tentunya wajib direpresentasikan secara sistematik oleh DPRD Banjarmasin dalam sebuah perencanaan atau program kerja,” ujarnya sebelum rapat.

Dijelaskannya, program kerja DPRD dimaksud tidak lain guna mendukung tugasnya sebagai penyelenggara pemerintah daerah agar DPRD dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Tugas itu lanjut unsur pimpinan dari Partai Golkar itu, baik dalam penyusunan,pembahasan dan persetujuan bersama Raperda (fungsi legislasi) kebijakan umum APBD dan persetujuan bersama Raperda APBD (fungsi anggaran) serta menyelenggarakan pengawasan pelaksanaan kebijakan daerah, peraturan daerah dan APBD (fungsi pengawasan).

Kemudian, kata Matnor Ali, tuntutan dan aktualisasi terhadap ketiga fungsi utama DPRD tersebut akan terselenggara secara baik seiring dengan ketersediaan program kerja DPRD sebagai representatif dari keterwakilan masyarakat.

“Dalam perumusan program kerja yang dibuat itu tentunya semuanya mengarah dalam upaya mewujudkan peningkatan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat kota ini,” tandas Matnor Ali.



Komentar
Banner
Banner