Harjad Banjarmasin

Ramaikan Puncak Hari Jadi Banjarmasin, Intip Harapan Paman Birin

apahabar.com, BANJARMASIN – Peringatan Hari Jadi ke-493 Banjarmasin yang jatuh 24 September berlangsung meriah. Ribuan masyarakat…

Featured-Image
Ratusan penari turut memeriahkan puncak Hari Jadi Banjarmasin ke-493, Selasa malam. Foto-apahabar.com/Bahaudin

bakabar.com, BANJARMASIN – Peringatan Hari Jadi ke-493 Banjarmasin yang jatuh 24 September berlangsung meriah.

Ribuan masyarakat antusias mengikuti rangkaian prosesi. Mulai drum band, tarian kolosal, kirab pusaka hingga pemotongan nasi astakona.

Puncak peringatan hari jadi diawali dengan tarian khas Banjar. Ratusan penari kolosal itu mengangkat tema “Kepahlawanaan Kesultanan Banjar Sultan Suriansyah”.

Lalu dilanjutkan dengan kirab pusaka yang pemegang menyerahkan bendera berlogo Hari Jadi ke Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina dan Wakil Wali Kota Banjarmasin Hermansyah.

Usai menjalankan profesi kirab, pemotongan nasi astakona yang diwakili Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor turut menarik perhatian warga.

Dalam amanatnya, Sahbirin mengungkapkan di peringatan Hari Jadi Banjarmasin bisa menjadi momentum percepatan pembangunan daerah.

Untuk itu, kota yang berjuluk Seribu Sungai harus mampu menjadi daerah yang meningkatkan destinasi pariwisatanya.

"Untuk itu saya mengajak dalam peringatan hari jadi ini Banjarmasin bisa sejajar dengan kota yang hebat di Indonesia. Keunikan pariwisata berbasis sungai jadi keunikan kota yang dikelilingi oleh sungai,” terang Sahbirin.

Menurutnya, peringatan Hari Jadi Banjarmasin ini sangatlah bermakna dari tahun tahun biasanya.

Sebab ibu kota Kalsel itu kerap meraih berbagai penghargaan atas keberhasilan membangun daerah. Nasional maupun internasional turut disabet pasangan Ibnu Sina dan Hermansyah.

Dalam segala bentuk baik pembangunan, pendidikan, kesehatan dan kebijakan lingkungan terutama komitmen pengurangan kantong plastik.

“Momen Hari Jadi sebagai wujud rasa syukur atas berkat pembangunan Banjarmasin dalam bentuk apapun karena semua elemen turut berperan,” tuturnya.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina memasuki tahun ke empat kepemimpinannya sejak 17 februari 2016 yang lalu dipercaya untuk memimpin masa bakti 2016-2021, beragam program pembangunan telah dilaksanakan.

Namun demikian, selama kurun waktu tersebut, masih terdapat pekerjaan yang akan terus dilaksanakan.

“Yang tentunya akan menjadi pekerjaan rumah dan harus kita kerjakan bersama-sama, Kayuh Baimbai untuk membangun Kota Banjarmasin yang tercinta, Banjarmasin Baiman,” katanya. (Adv)

Baca Juga: Puncak Harjad Banjarmasin, RSUD Sultan Suriansyah Resmi Beroperasi

Baca Juga: Jelang Puncak Harjad Banjarmasin, Restoran Terapung Selesai 95 Persen

Reporter: Bahaudin Qusairi
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner