Kalsel

Raih Prestasi Nasional, Pemerintah Daerah Belum Lirik Gapura Karya Warga Banjarmasin

apahabar.com, BANJARMASIN – Setelah bersaing dengan ribuan peserta dari seluruh Indonesia, Gapura kreasi warga Komplek Kenanga…

Featured-Image
Gapura Karya Warga Komplek Kenanga Citra PuriFoto-apahabar.com/Musnita Sari

bakabar.com, BANJARMASIN – Setelah bersaing dengan ribuan peserta dari seluruh Indonesia, Gapura kreasi warga Komplek Kenanga Citra Puri RT 07 Banjarmasin terpilih menjadi 10 besar pemenang umum yang dilombakan dalam Festival Gapura Cinta Negeri.

Presiden Indonesia melalui Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Dalam Negeri dan Badan Ekonomi Kreatif menggelar perlombaan ini dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-74. Event tahunan ini diikuti oleh ribuan peserta dari penjuru negeri.

Namun disayangkan, prestasi ini belum mendapat perhatian dari pemerintah daerah baik Gubernur Kalsel maupun Walikota Banjarmasin. Padahal, pencapaian besar ini juga mengharumkan nama Banua.

“Kita tidak mengharapkan bantuan dana atau apa. Cukup dukungan kecil seperti ucapan selamat, sudah cukup,” ucap salah satu warga, Erwin kepadabakabar.com, Sabtu (24/8) sore.

Erwin mengungkapkan keikutsertaan warga Komplek Kenanga Citra Puri dalam festival ini bukan sekadar mengejar nilai rupiah saja. Namun untuk mempromosikan budaya Kalsel lebih luas lagi lewat karya mereka.

"Kita berharap sih pemerintah ikut mempromosikan juga agar peluang menjadi juara favorit lebih terbuka. Apalagi seperti pak Ibnu Sina kan sangat aktif di instagram," imbuhnya.

Tidak berkecil hati, Ketua RT 07, Yudi justru bersyukur usaha keras warganya membuahkan hasil yang memuaskan. Tidak berhenti di sini saja, masih ada kesempatan lagi untuk menjadi juara umum dan juara favorit yang memperebutkan piala bergilir presiden serta hadiah ratusan juta rupiah.

“Kami mengajak warga Kalsel, khususnya Banjarmasin untuk ikut mempromosikan Gapura ini agar terpilih menjadi Juara Umum atau Juara Favorit," lanjut Erwin.

Tidak sulit menambah prestasi gemilang untuk turut mengharumkan kota Seribu Sungai di kancah nasional. Masyarakat dapat berpartisipasi dengan memberikan dukungan yaitu ikut meramaikan voting pemilihan secara online, caranya dengan mengunggah foto berlatar Gapura yang disertai tagar #gapuracintanegeri dan mention ke @festivalgapura.

"Ayo masyarakat kota Banjarmasin datang ke sini. Jangan lupa selfie dan foto sebanyak-banyaknya, lalu posting di instagram kalian dengan #gapuracintanegeri dan mention @festivalgapura," pesannya.

Panitia dan juri Festival Gapura Cinta Negeri 2019 memang telah menetapkan 10 pemenang umum dan 3 pemenang kategori lembaga. Tetapi melihat antusias peserta yang mengikuti hingga ribuan jumlahnya, apresiasi khusus diberikan kepada peserta dari Nduga Papua, serta 47 gapura terpilih lainnya.

Pemenang umum maupun khusus akan berkesempatan bertemu langsung dengan Presiden RI Joko Widodo, sekaligus pengumuman juara umum dan favorit, serta penyerahan hadiah secara langsung.

Voting juara favorit akan berlangsung hingga 28 Agustus mendatang. Sedangkan Gapura sendiri akan bertahan hingga 17 September nanti.

Mengusung tema Bhineka Tunggal Ika, Gapura dihias dengan berbagai unsur budaya. Di antaranya, pada sisi atas terdapat Garuda Pancasila yang berukuran tinggi 8 meter lebar 7 meter.

Pada sisi kiri, terdapat ikon Banjarmasin yaitu Bekantan dan Jukung. Sedangkan sisi kanan menampilkan suasana perlombaan panjat pinang yang diwakili suku Jawa, Melayu, Dayak, dan Papua.

Gapura di hias dengan lampu dan plastik berwarna-warni, dengan menggunakan rangka dari bambu, kawat dan kayu. Kemudian dilukis dengan ukiran-ukiran khas Dayak.

Baca Juga: Habiskan Puluhan Juta, Intip Gapura Cinta Negeri Ala Warga Kenangan Putri Banjarmasin

Baca Juga: Bahaya Kebakaran Masih Mengintai, Potensi Kabut Asap Mulai Terlihat

Reporter: Musnita Sari
Editor: Muhammad Bulkini



Komentar
Banner
Banner