Pemkab Banjar

Qariah Asal Martapura Toreh Prestasi Apik di MTQ Internasional

Nuriah Jurian Argha, Qariah asal Martapura, Kabupaten Banjar ini berhasil juara 3 Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 40 Internasional di Teheran, Iran.

Featured-Image
Nuriah Jurian Argha (tengah) yang baru saja menorehkan prestasi di MTQ Internasional. Foto: MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Qariah asal Martapura, Kabupaten Banjar, Nuriah Jurian Argha, berhasil menorehkan prestasi apik di MTQ Internasional ke-40 yang berlangsung di Teheran, Iran, Selasa (20/2).

Gadis sarat prestasi itu berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan menempati peringkat ketiga.

“Alhamdulillah dapat berjuang mengharumkan nama negara dan daerah di tingkat internasional,” ungkap Nuriah seusai acara syukuran di kediamannya di Kompleks Sa’adah 1 Kelurahan Sungai Paring, Martapura, Senin (26/2) siang.

Juga dihadiri Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Banjar, HM Aidil Basith, beserta tokoh agama setempat, syukuran diisi dengan pembacaan manakib Siti Khadijah.

"Sebenarnya banyak rintangan yang harus dilalui. Namun saya selalu berdoa kepada Allah, juga bertawassul kepada para wali serta orang tua yang selalu memberikan dukungan," papar Nuriah.

“Alhamdulillah akhirnya diberi kemudahan, sehingga tantangan selama di Iran langsung terhapus,” sambung gadis berusia 20 tahun ini.

Oleh karena sudah memiliki pengalaman di berbagai lomba, Nuriah menyimpulkan penilaian MTQ di tingkat nasional dan internasional jauh berbeda. Pun kiraat yang dibawakan seperti tilawah, dapat berpengaruh besar dalam penilaian para juri.

"Oleh karena saya dulu pernah ikut tilawah, sehingga saya pun menampilkan beberapa lagu tilawah di Iran. Alhamdulillah saya berhasil,” beber Nuriah.

"Saya juga berharap rekan-rekan di Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Banjar agar tidak mudah putus asa, terus berdoa, serta berusaha mengasah kemampuan," tambahnya.

Sementara ayah Nuriah, Jurian, sangat bangga atas prestasi sang anak. Semua ini tak lepas dari dukungan dan doa agar sang putri bungsu ini meraih juara di segala ajang.

“Saya juga menekankan kepada anak-anak agar terus mengamalkan Al-Qur'an hingga akhir hayat. Soal gelar juara tergantung keputusan Allah SWT,” tegas Jurian.

"Selanjutnya Nuriah akan mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Kalsel golongan Tafsir Bahasa Arab Hafalan 30 juz yang digelar April 2024 mendatang," pungkasnya.

Sebelum menorehkan prestasi di Iran, Nuriah pernah menjuarai Golongan Tilawah anak-anak STQ Nasional 2015 di Jakarta, Golongan Hifz 5 juz dan Tilawah MTQ Nasional 2016 di Nusa Tenggara Barat, serta Golongan Hifz 20 juz STH Nasional 2021 di Maluku Utara.

Kemudian menjadi harapan kedua Golongan Hifz 30 juz MTQ Nasional 2022 Kalsel, serta terbaik kedua Tahfizh 30 juz MTQ Nahdlatul Ulama Tingkat Nasional 2023 di Kalsel.

Editor
Komentar
Banner
Banner