Olahraga

PWI Pusat Tinjau Venue Pembukaan Porwarnas XIV 2024 Kalsel

Ketua Persatuan Wartawan Indonesian (PWI), Hendry CH Bangun beserta rombongan meninjau secara langsung persiapan Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi tuan rumah

Featured-Image
Ketua PWI Pusat, Hendry CH Bangun didampingi Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie saat meninjau venue pembukaan Porwarnas XIV 2024, GOR Pemprov Kalsel di Banjabaru, Minggu (4/2). Foto-PWI Kalsel

bakabar.com, BANJARBARU - Ketua Persatuan Wartawan Indonesian (PWI), Hendry CH Bangun beserta rombongan meninjau secara langsung persiapan Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwarnas) XIV Agustus 2024, Minggu (4/2).

Rombongan mendatangi Gelanggang Olah Raga (GOR) Pemprov Kalsel di Banjarbaru. GOR yang saat ini masih dalam proses akhir pembangunan rencananya dijadikan sebagai venue pembukaan dan penutupan Porwarnas.

Menurut Hendry, GOR tersebut laiak sebagai venue pembukaan yang bakal menampung ribuan wartawan perwakilan dari 39 pengurus PWI se tanah air.

"Jadi hari ini kami melihat lokasi pembukaan Pekan Olahraga Wartawan Nasional yang akan diadakan pada Agustus mendatang. Ini gedung baru dan kita sudah melihat secara langsung, penilai kita sih bagus," kata Hendry didampingi Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie.

Meski diakuinya saat ini masih belum sepenuhnya rampung, namun menurutnya kalau hanya sebagai venue pembukaan tidak masalah.

"Sebetulnya cuma memang karena hanya untuk pembukaan, kapasitas dan kondisinya saya kira sangat memadai. Tapi kalo untuk venue kan semuanya sudah diadakan di Banjarmasin, ya untuk venue gak masalah kalo untuk pembukaannya. Saya kira cukup megahlah kapasitasnya juga sangat menampung peserta dan penggembira Porwanas," terang Hendry.

Lebih jauh Hendry menjelaskan, meski Porwarnas sebagai ajang olahraga, namun pelaksanaannya juga mempertandingkan karya jurnalistik yang temanya selaras dengan spirit Hari Pers Nasional (HPN), yakni mengusung isu keselamatan lingkungan.

"Jadi gini Porwanas kali kan tidak hanya olahraganya ya, tapi juga ada kegiatan jurnalistik dan khususnya itu mengenai rencana Geopark Meratus, saya kira memang kegiatan Pers ini sejalan mengenai lingkungan, penyelamatan aset-aset alam seperti Meratus yang sudah usulkan UNESCO menjadi Geopark," paparnya.

Melalui karya jurnalistik itu, PWI ingin aktif mengkampanyekan Meratus sebagai Geopark yang diakui UNESCO.

"Sehingga nanti kalo diakui nanti kan ada anggaran-anggaran, ada hibah-hibah dari organisasi internasional untuk membantu penyelamatan di lingkungan dan flora fauna yang ada di kawasan hutan lindung itu," terang dia sembari berharap.

Rencananya Porwarnas kali ini akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) sekaligus peresmian GOR Paman Birin.

Terakhir, Hendry mengingatkan Porwarnas kali ini sebagai ajang silaturrahmi, bukan bertujuan untuk mementingkan meraih medali semata, mengingat jurnalis bukan seorang atlet.

Sementara itu, Kepala Seksi Tata Bidang Bangungan Cipta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalsel, Syamsul Bahri menjelaskan bahwa GOR sejatinya sudah rampung, hanya saja tinggal menambah sarana dan fasilitas penunjang.

"Persiapannya saat ini masih penyempurnaan gedung ini ya, meski gedung ini sudah selesai 100 persen," kata dia.

Namun menurutnya ada beberapa penambahan fasilitas seperti layar di dalam gedung dan termasuk akses jalan menuju GOR yang belum diaspal. 

"Ya, (termasuk) jalan dan tempat-tempat parkir yang disediakan juga kita persiapkan. Kalau penambahan lain mungkin nanti tergantung tim penilai, fasilitas apa yang kurang, nanti kami sediakan," ungkapnya sembari menyebutkan kapasitas GOR dapat menampung 3.000 orang.

Sementara itu, Ketua SIWO PWI Kalsel, Irwansyah mengungkapkan persiapan Porwarnas sudah berjalan sesuai rencana.

"Insya Allah kita sudah siap menjadi tuan rumah. Kalau dari pengamatan, jelas GOR ini yang pasti baru dibangun dan sangat bagus, sangat ideal sebagai tempat pembukaan, selain itu dapat menampung 3.000 orang, jadi sangat bagus," timpal Iwan.

Pantia sudah menyiapkan 9 venue cabang olahraga (Cabor), dan satu karya jurnalistik. Untuk cabor yang dipertandingkan yakni atletik, tenis lapangan, catur, futsal, sepakbola mini, bulutangkis, esport, biliar, tenis meja. Semua lokasi pertandingan di Banjarmasin, kecuali karya jurnalistik di kawasan Pegunungan Meratus, Kabupaten Banjar.

Rombongan yang mendampingi Ketua PWI Pusat hari ini yakni Sekretaris Sayid Iskandarsyah, Ketua SIWO Agus Susanto, Sekretaris SIWO Erly Bahtiar, dan Bendahara SIWO Herwan Pebriansyah.

Sementara dari PWI Kalsel, Sekretaris Toto Fachrudin, dan beberapa pengurus.

Selanjutnya pengurus PWI Pusat dengan PWI Kalsel akan audiensi dengan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, membicarakan kesiapan dan dukungan pemerintah daerah.

Editor
Komentar
Banner
Banner