Nasional

PWI: Kalsel Penyelamat Hari Pers Nasional 2020

apahabar.com, BANJARMASIN – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel memastikan siap menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional…

Featured-Image
Ilustrasi jurnalis. Foto-CNNIndonesia

bakabar.com, BANJARMASIN – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel memastikan siap menjadi tuan rumah Hari Pers Nasional pada 9 Februari 2020 mendatang.

Kesiapan itu didapat usai pertemuan antara Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S Depari dengan Gubernur Kalsel Sahbirin Noor di Gedung Mahligai Pancasila, Senin (23/09) malam.

“Alhamdulillah, Kalsel berbaik hati mengadakan event-event PWI. Daerah ini menjadi penyelamat, termasuk HPN sekarang,” ucap Ketua PWI pusat Atal S. Depari kepada awak media.

img

Ketua PWI Atal S Depari. Foto-bakabar.com/Musnita sari

Gelaran HPN 2020 awalnya akan diadakan di Sumatera Utara.

Namun karena ketidaksiapan Sumut, serta terkendala mepetnya waktu akhirnya Kalsel yang terpilih sebagai tuan rumah.

“Mereka sudah menyampaikan proposal waktu HPN di Surabaya. Ternyata Juli mereka mengatakan tidak mampu, padahal ini mepet sekali waktunya,” ungkapnya

Paman Birin sapaan akrab Gubernur Kalsel menyambut baik perhelatan akbar ini. Pertemuan tatap muka ini diselingi kegiatan eksebisi futsal antara tim Gubernur Kalsel dan PWI Pusat, serta penyerahan MoU kerja sama.

“Malam ini silaturahmi karena afdalnya ya langsung ketemu dengan ketua PWI dan Paman Birin. MoU itu saya serahkan agar nanti dipelajari soal kerjasa manya,” kata Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie.

img

Ketua PWI Kalsel Zainal Helmie. Foto-bakabar.com/Musnita sari

HPN 2020, ujar Zainal, juga akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, beberapa kepala daerah dan organisasi kewartawanan di Asia.

“Ditambah nanti 2000 wartawan seluruh Indonesia termasuk pengurus-pengurus PWI. Nanti juga ada duta besar selain beberapa menteri sesuai dengan ada kegiatan,” sebutnya.

Berkaca dari HPN tahun sebelumnya, Zainal berharap penyelenggaraan kali ini dapat membawa dampak terhadap pembangunan daerah.

“Contohnya di HPN tahun kemarin. Di surabaya mendapat bantuan dari Kementerian PUPR, yaitu sebanyak 5.000 rumah bedah rumah. Kita berharap juga mendapat berbagai proyek untuk kepentingan di Kalsel,” harapnya.

Dirinya memaparkan, rangkaian HPN 2020 nanti akan diisi berbagai kegiatan seperti pameran pers oleh beberapa media, pers to campus, hingga penanaman pohon.

“Masing-masing daerah kita mintakan membawa pohon khas daerah masing-masing. Nanti disiapkan Paman Birin tempat lokasinya untuk penanaman,” katanya mengakhiri wawancara.

Baca Juga: Miris! Begini Curhatan Mantan Ketua PWI yang Jadi Penjaga Kantor

Baca Juga: Pengurus PWI Sudah Ada di Balangan

Baca Juga: PWI Kalsel Ditunjuk Jadi Tuan Rumah Hari Pers Nasional

Reporter: Musnita SariEditor: Fariz Fadhillah

Komentar
Banner
Banner