Hot Borneo

PWI Kalsel Gelar Uji Kompetensi Wartawan Angkatan XVII

Sebanyak 23 jurnalis dari berbagai media di Kalsel mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Lantai 2 Hotel Banjarmasin International Banjarmasin (HBI)

Featured-Image
Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie, menyerahkan cindera mata kepada GM PLN UIP3B Kalimantan, Abdul Salam Nganro, seusai pembukaan UKW angkatan XVII di Banjarmasin. Foto: apahabar.com/Fida

bakabar.com, BANJARBARU - Sebanyak 23 jurnalis dari berbagai media di Kalimantan Selatan, mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Lantai 2 Hotel Banjarmasin International Banjarmasin (HBI), Selasa (20/6).

Itu merupakan UKW angkatan XVII yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel. Adapun sepanjang 2023, UKW digelar sebanyak dua kali.

Sama seperti sebelumnya, UKW dibagi dalam tiga jenjang. Khusus UKW angkatan  XVII, jenjang muda diikuti 12 wartawan, madya 5 wartawan dan utama 6 wartawan. Semua rangkaian ujian berlangsung selama dua hari hingga 21 Juni 2023.

"Wartawan bukan profesi biasa-biasa saja. Wartawan adalah profesi mulia, karena berperan penting dalam mencerdaskan bangsa," papar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kalsel, Muslim, ketika membuka UKW angkatan XVII.

Sementara Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie, menjelaskan bahwa pelaksanaan UKW angkatan XVII didukung penuh Pemprov Kalsel dan PT PLN.

"Kami bersyukur atas bantuan tersebut. Dengan demikian, semakin banyak wartawan di Kalsel yang berkompeten," sahut Helmie.

Meski sudah menginjak angkatan XVII, PWI Kalsel mencatat baru 70 wartawan yang mengantongi sertifikat kompetensi utama dari sekitar 500 media di Bumi Lambung Mangkurat.

"Artinya belum semua penanggung jawab media mengikuti UKW sesuai jenjang yang dipersyaratkan. Alhamdulillah jumlah wartawan utama ini akan bertambah, karena 6 di antaranya mengikuti UKW angkatan XVII," beber Helmie.

Adapun GM PLN UIP3B Kalimantan, Abdul Salam Nganro, menyebut dukungan  terhadap pelaksanaan UKW di PWI Kalsel merupakan rangkaian program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

"Bersama PWI Kalsel, kami ingin bersama-sama menciptakan wartawan atau pers profesional. Diharapkan masyarakat bisa mendapatkan informasi akurat, terpercaya dan dipahami dengan benar," papar Abdul Salam.

"Di sisi lain, wartawan merupakan mitra yang baik PLN dalam menyampaikan informasi terkait peran dan layanan kepada masyarakat," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner