Pemkab Tanah Laut

Puskesmas Desa Panggung Tala untuk Rawat Jalan

Kepala Dinas Kesehatan Tanah Laut (Tala) dr Isna Farida mengatakan, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Desa Panggung diperuntukkan untuk rawat jalan, pelaya

Featured-Image
Puskesmas Desa Panggung, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tala. Foto-Diskominfo Tala

bakabar.com, PELAIHARI - Kepala Dinas Kesehatan Tanah Laut (Tala) dr Isna Farida mengatakan, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Desa Panggung, Kecamatan Pelaihari diperuntukkan untuk rawat jalan, pelayanan kesehatan secara umum, seperti kesehatan ibu dan anak, serta kesehatan gigi.

Ia menyatakan di Tala, baru memiliki dua Puskesmas yang bisa rawat inap, yakni di Kecamatan Batu Ampar dan Kecamatan Kurau.

Menurutnya, sesuai peraturan dari Kementerian Kesehatan RI, idealnya satu Kecamatan satu Puskesmas. Namun boleh diberikan lebih dari satu Puskesmas jika penduduk di tempat tersebut melebihi dari 5.000 orang per satu Puskesmas.

"Masih ada tersisa di Kecamatan Takisung baru ada satu Puskesmas, bisa ditambah lagi kedepannya, karena ada beberapa jangkauan wilayah yang cukup jauh seperti di Desa Tabanio, Desa Pagatan Besar," ucapnya, Rabu ( 1/2/2023).

Mantan direktur RSUD Hadji Boejasin itu menambahkan, pihak kesehatan sudah membuka pelayanan vaksinasi Covid-19 booster kedua, sejak tanggal 17 Januari 2023. Hanya memang, logistik vaksin booster yang masih terbatas.

"Untuk tenaga kesehatan sendiri masih banyak yang belum vaksin booster ke dua karena logistik masih terbatas," ucapnya.

Isna Farida sarankan, kalau nanti logistik vaksin sudah ada, silahkan masyarakat yang ingin vaksinasi Covid-19 booster ke dua, datang ke tempat Public Safety Center 119 Tanah Laut (PSC 119 Tala) melayani Vaksinasi Covid-19 booster ke- 2 selama 24 jam.

Baca Juga: Bupati Tala Resmikan Puskesmas Desa Panggung, Diharap Jangkau Seluruh Masyarakat

Editor


Komentar
Banner
Banner