Nasional

Punya Laut Luas, Kalsel Siap Suplai Ikan ke IKN

Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal jadi gerbang ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Provinisi ini siap menjadi penyangga pangan IKN yang diberi nama

Featured-Image
Kalsel siap suplai ikan segar ke IKN Nusantara. Foto: dok. apahabar.com

bakabar.com, BANJARBARU - Kalimantan Selatan (Kalsel) bakal jadi gerbang ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Provinisi ini siap menjadi penyangga pangan IKN yang diberi nama Nusantara itu.

Selain siap menjadi penyangga pangan, Kalsel juga siap jadi penyuplai ikan segar ke IKN Nusantara. Mengingat mempunyai hamparan laut yang luas.

Provinisi ini sendiri memiliki konservasi perikanan 187 ribu hektare. "Kami siap menyuplai ikan segar untuk kebutuhan di ibu kota negara baru," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalimantan Selatan, Rusdi Hartono kepada bakabar.com, Jumat (29/12/2023).

Rusdi menyebut tangkapan ikan segar di Kalsel sangat melimpah. Selama ini Kalsel juga menyuplai ikan segar ke provinsi tetangga, yakni Kalteng.

Untuk konsumsi di Kalsel sendiri? Rusdi memastikan sangat tercukupi. Di sisi lain, pada 2023 ini Dinas Kelautan dan Perikanan menyumbang PAD dari hasil produksi ikan sebesar Rp 2,2 miliar.

Angka ini meningkat jika dibanding tahun sebelumnya yang hanya meyumbang Rp 1,8 miliar.

Editor
Komentar
Banner
Banner