Pemilu 2024

Puan Tegaskan Tak Boleh Ada Manipulasi pada Pemilu 2024

Ketua DPR RI Puan Maharani singgung pemilu pada pembukaan rapat paripurna ke-11 masa persidangan III tahun 2023-2024 di Senayan , Jakarta, Selasa (16/1)

Featured-Image
Ketua DPR RI Puan Maharani. Foto: Youtube/DPR RI

bakabar.com, JAKARTA – Ketua DPR RI Puan Maharani menyinggung pemilu pada pembukaan rapat paripurna ke-11 masa persidangan III tahun 2023-2024 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/1).

Dalam pidatonya, Puan mengingatkan asas luber jurdil dalam Pemilu tetap ditegakkan sebagaimana amanat Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945.

“Rakyat dalam menjalankan kedaulatannya menggunakan hak pilih, harus dijamin bahwa hak rakyat tersebut dilaksanakan dengan bebas, rahasia, jujur, dan adil, hak rakyat tersebut tidak boleh dihalang-halangi, ditekan, dimanipulasi, dan lain sebagainya,” ujar Puan dalam pidatonya.

Baca Juga: Puan Respons Soal Maruar Sirait Keluar dari PDIP

Lebih lanjut, dirinya juga menegaskan agar seluruh aparatur negara mampu memenuhi hak rakyat.

“Semua lembaga negara, legislatif, eksekutif, yudikatif, KPU, Bawaslu, TNI-Polri ASN, parpol serta berbagai komponen berbagai bangsa lainnya wajib menjalankan komitmen yang sama sebagaimana diamanatkan oleh konstitusi yaitu bahwa pemilu yang dilaksanakan secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil,” ungkapnya.

Baca Juga: Puan Maharani Tak Persoalkan Ganjar Dekat dengan Yenny Wahid

DPR berkomitmen tinggi kawal pemilu agar tidak ada penekanan dan manipulasi, sambungnya.

"DPR RI memiliki komitmen yang tinggi untuk mewujudkan Pemilu 2024 yang demokratis, jujur dan adil, kedaulatan rakyat yang dilaksankan secara demokratis," tutupnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner