Sport

PSSI Direkomendasikan Menaturalisasi Putra Mantan Gelandang Barito Putera

Nama Welberlieskott de Halim Jardim kian santer dibicarakan di Tanah Air. Terlebih putra mantan gelandang Barito Putera ini direkomendasikan untuk dinaturalisas

Featured-Image
Aksi Welber Halim Jardim ketika memperkuat Sao Paulo U-17. Foto: Instagram Welber Official

bakabar.com, BANJARMASIN - Nama Welberlieskott de Halim Jardim kian santer dibicarakan di Tanah Air. Terlebih putra mantan gelandang Barito Putera ini direkomendasikan untuk dinaturalisasi.

Terakhir nama Welber Halim Jardim dimunculkan kembali oleh Staf Ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Hamdan Hamedan, melalui unggahan di Instagram, Jumat (30/6).

Sebelumnya Welber sudah disebut-sebut bakal dipanggil pelatih Timnas Indonesia U-17, Bima Sakti, untuk tampil di Piala Dunia U-17.

Dalam video unggahan Hamdan, pemain Sao Paulo U-17 itu mencetak gol ke gawang Newell's Old Boys U-17 dalam pertandingan uji coba, Kamis (29/6).

Gol putra sulung pasangan Elisangelo 'Liu' de Jesus Jardim dan Lielyana Halim tersebut terbilang ciamik.

Welber mencetak gol dengan backheel, setelah meneruskan umpan tendangan bebas dari kiri lapangan.

"Senang mendengar bahwa coach Bima Sakti terbuka untuk pemain diaspora dalam menyongsong Piala Dunia U-17," tulis Hamdan Hamedan.

Berdasarkan database yang dimiliki Menpora, terdapat sekitar 30 pemain diaspora dalam kategori U-17. Bahkan 10 pemain telah berpaspor Indonesia, sehingga berpotensi dipanggil apabila dibutuhkan.

"Welber adalah salah satunya. Sudah beberapa kali saya menyebut nama dia kepada tim kepelatihan. Semoga saja sekarang dia mendapat kesempatan bersama dengan para pemain diaspora lain," harap Hamdan.

"Welber bermain sebagai full-back kanan, walaupun dia juga sangat kapabel bermain di posisi gelandang (box to box midfielder)," imbuhnya.

Lahir di Banjarmasin

Potret kebersamaan Welber Halim Jardim bersama Elisangelo de Jesus Jardim dan Lielyana Halim. Foto: Instagram Welber Official
Potret kebersamaan Welber Halim Jardim bersama Elisangelo de Jesus Jardim dan Lielyana Halim. Foto: Instagram Welber Official

Welber sendiri lahir 25 April 2007 di Banjarmasin, atau dua tahun setelah Elisangelo 'Liu' de Jesus Jardim menikahi Lielyana Halim.

Diketahui Elisangelo pernah semusim memperkuat Barito Putera di Divisi Satu (sekarang Liga 2) 2003, sebelum hijrah ke Persiba Balikpapan.

Meski hanya semusim, pemain Brasil tersebut masih berada dalam ingatan Barito Mania, terutama lewat gocekan dan umpan-umpan di lapangan.

Sedangkan Lielyana Halim merupakan warga Banjarmasin, tetapi sekarang berdomisili di Brasil untuk mengikuti sang suami.

Setelah dilatih sang ayah, Welber kemudian dididik di Akademi Sao Paulo. Dikabarkan Welber telah mendapat kontrak profesional dari mantan klub Neymar da Silva ini hingga 2025.

Bersama Sao Paulo, Welber mampu meraih gelar juara Gothia Cup (Swedia), Dana Cup 2019 (Denmark), dan Adidas Madewis Cup 2019 (Prancis).

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2006, keturunan yang berumur di bawah 21 tahun masih berstatus sebagai WNI yang memiliki kewarganegaraan terbatas.

Pun Welber merupakan anak dari seorang Warga Negara Indonesia (WNI) langsung, bukan pemain keturunan dari nenek atau kakek.

Dengan demikian, Welber hanya tinggal membuat paspor Indonesia untuk bisa bermain bersama Garuda Muda di Piala Dunia U-17 2023 mendatang.

Editor
Komentar
Banner
Banner