Pemkot Banjarmasin

Proyek Pemasangan Pipa Baru, dari Jalan Ahmad Yani hingga Sutoyo S Banjarmasin

PTAM Bandarmasih berencana memasang pipa distribusi Diameter 800 mm dan 400 mm, dari Jalan Ahmad Yani sampai dengan Jalan Setoyo S Banjarmasin.

Featured-Image
PTAM Bandarmasih berencana memasang pipa distribusi Diameter 800 mm dan 400 mm, dari Jalan Ahmad Yani sampai dengan Jalan Setoyo S. Foto: Humas PTAM Bandarmasih

bakabar.com, BANJARMASIN - PTAM Bandarmasih berencana memasang pipa distribusi Diameter 800 mm dan 400 mm, dari Jalan Ahmad Yani sampai dengan Jalan Setoyo S.

Pemasangan ini untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan setianya.

Direktur Utama (Dirut) PAM Bandarmasih, Muhammad Ahdiat mengatakan peremajaan pipa tersebut dilakukan dari jalan Ahmad Yani Km 2,5 sampai dengan Jalan Setoyo S.

“Jadi dari jalan Ahmad Yani itu sepanjang 1400 meter, dan di jalan Setoyo S sepanjang 1.200 meter. Untuk pipa yang dipasang itu pipa 800 mm dan 400 mm,” ujar Ahdiat di Sosialisasi/Ekspose Rencana, di Aula PAM Bandarmasih, Selasa (25/6).

Ia menerangkan kegiatan tersebut bertujuan untuk mensosialisasikan terkait rencana PAM Bandarmasih untuk melakukan peremajaan pipa jaringaan distribusi.

“Setelah ini kita juga akan melakukan sosialisai ke kelurahan-kelurahan yang dilalui oleh pipa yang dipasang tersebut,” ucapnya.

“Untuk proses pengerjaan diperkirakan akan memakan waktu kurang lebih selama 6 bulan, yang memakan biaya sebesar Rp75 miliar. Tapi kalau bisa akan kita usahakan lakukan percepatan,” lanjutnya.

Dimana, jelas Dirut, kegiatan peremajaan pipa tersebut salah satu upaya pihaknya yang bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan yang ada di kawasan Banjarmasin Barat.

“Alhamdulillah saat ini prosesnya sudah mulai ada titik terang, karena rencana ini sudah lama direncanakan, namun karena ada beberapa kendala sehingga tertunda,” jelas Dirut.

“Namun saat ini sudah berproses dengan baik, diperkirakan bulan September atau Oktober 2024 nanti proses pengadaan dilanjutkan  pemasangan pipa sudah mulai berjalan,” lanjutnya.

Selama proses pemasangan pipa, ucap Ahdiat, mungkin akan berdampak terhadap arus lalu lintas di kawasan tersebut.

Pasalnya, untuk pemasangannya ini melalui jalan nasional sehingga akan mengganggu arus lalu lintas. Kendati demikian, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk meminimalisir dampak tersebut.

“Namun untuk pendistribusian air bersih, masyarakat tidak perlu khawatir, air tetap akan berjalan dengan normal. Hanya saat melakukan koneksi pipa saja, pompa akan dihentikan untuk sementara waktu,” ucap Ahdiat.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor menyampaikan, sangat mendukung program yang dilakukan dilakukan oleh PAM Bandarmasih itu.

Pasalnya, program tersebut membantu untuk mengatasi segala macam keluhan dari masyarakat khususnya Banjarmasin Barat terkait  distribusi air bersih yang masih minim.

“Karenakan pipa yang ada saat ini usianya sudah sangat tua, apabila tekanan maka akan mengalami masalah seperti kebocoran. Sehingga harus dilakukan peremajaan atau pergantian pada pipa tersebut,” kata Wakil.

Oleh sebab itu, Arifin berharap, dengan dapat dipasangnya pipa-pipa tersebut dapat meningkatkan pelayan di Banjarmasin Barat menjadi lebih baik lagi.

“Sehingga mayarakat bisa terlayani dengan baik, dan dapat lebih mudah mendapatkan air bersih,” pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner