Hot Borneo

Proyek Kawasan Sekumpul Martapura Lanjut Tahap Dua

Proyek kawasan Sekumpul pada tahap pertama menuai kritikan dari berbagai kalangan.

Featured-Image
Proyek kawasan Sekumpul pada tahap pertama menuai kritikan dari berbagai kalangan. Foto- MC Kalsel

bakabar.com, BANJARBARU - Proyek kawasan Sekumpul pada tahap pertama menuai kritikan dari berbagai kalangan.

Namun revitalisasi kawasan religi itu akan dilanjutkan ke tahap dua hingga tahap tiga.

"Saya sudah bertemu dengan Menteri PUPR soal pembahasan penataan kawasan Sekumpul," papar Anggota Komisi V DPR asal Kalsel, Syaifullah Tamliha baru tadi.

Dijelaskan Tamliha, ada anggaran sekira Rp120 miliar untuk penyelesaian penataan kawasan Sekumpul. Dirinya menyebut, pengerjaannya pada tahun anggaran 2023.

Saat ini kata dia, masih dalam tahap pembebasan lahan di sekitar Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar ini. Tamliha menyebut, masih ada kendala dalam pembebasan lahan. Yakni di sekitar pasar, dekat kubah Guru Sekumpul.

"Mungkin segera selesai bulan ini," imbuh Tamliha.

Tahap dua dan tiga ini tutur dia, akan dibangun drainase serta trotoar jembatan irigasi hingga Simpang Tiga Sekumpul Ujung.

Sebab menurutnya, kawasan di sana sering terendam jika hujan. Jadi ujar Tamliha, air nantinya dialirkan ke penampungan (embung).

"Jadi air di embung nantinya bisa dimanfaatkan para petani di sekitar Bincau dan Indrasari," ujarnya.

Adapun tahap satu yang menuai kritik dari berbagai pihak, Tamliha menyatakan jika kontraktornya berjanji akan mengganti semua material yang tidak sesuai.

Perbaikan itu, beber Tamliha, akan diselesaikan sebelum akhir tahun ini sesuai pagu yang tersedia, yakni sekira Rp32 miliar.

Editor


Komentar
Banner
Banner