Bank Kalsel

Program EKI, OJK-Bank Kalsel Lakukan Langkah Progresif untuk Masyarakat

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus melakukan berbagai upaya langkah progresif untuk meningkatkan akses keuangan masyarakat, di perdesaan melalui program EKI.

Featured-Image
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus melakukan berbagai upaya langkah progresif untuk meningkatkan akses keuangan masyarakat, di perdesaan melalui program Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI).

bakabar.com, BANJARMASIN - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus melakukan berbagai upaya langkah progresif untuk meningkatkan akses keuangan masyarakat, di perdesaan melalui program Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI).

Salah satu di Kalimantan Selatan, OJK Regional 9 Kalimantan bersama-sama TPAKD Balangan dan pihak PT Adaro Energy telah menetapkan pilot project pelaksanaan program EKI, yaitu di Desa Balida yang juga telah ditetapkan sebagai Desa Wisata.

“Dari hasil survei tingkat inklusi masyarakat Desa Balida yang telah dilakukan OJK bersama-sama mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin diketahui informasi utama, yaitu bahwa jumlah penduduk yang belum memiliki produk/layanan keuangan mencapai 43,23 persen,” paparnya Kepala OJK Regional 9 Kalimantan, Darmansyah.

Memperhatikan hasil pemetaan tersebut, diskusi dengan perangkat desa, dan rapat penetapan program dengan TPAKD Balangan disepakati bahwa terdapat tiga akses keuangan utama yang diperlukan bagi pengembangan EKI Desa Balida.

Pengembangan EKI dimaksud tersebut, yaitu penggunaan QRIS untuk transaksi, penyediaan permodalan yang terjangkau, serta peningkatan kepemilikan tabungan untuk pengelolaan keuangan masyarakat dan pelajar.

“Bank Kalsel sebagai bank daerah yang telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Balangan menyatakan komitmen untuk mendukung penyediaan ketiga akses keuangan tersebut,” paparnya.

Tentunya, dengan dukungan Bank Kalsel diharapkan program EKI bisa semakin optimal dan akan terus berkembang di Kalimantan Selatan.

Program EKI telah dijalankan bersama-sama secara konsisten dan progresif dengan 3 tahapan, yaitu pertama; tahap pra inkubasi (survei pemetaan yang telah dilakukan), kedua; tahap inkubasi yang terus dilaksanakan berupa edukasi pengelolaan keuangan, pemanfaatan kredit, dan transaksi cashless melalui QRIS, serta termasuk melakukan kunjungan studi ke Desa Pujon Kidul dan Desa Ketapanrame.

Editor


Komentar
Banner
Banner