Kalsel

Presiden Jokowi Blusukan ke Banjir Kalsel, Nih Agendanya Esok

apahabar.com, BANJARMASIN – Presiden Jokowi berencana melihat langsung kondisi banjir di Kalimantan Selatan, Senin (18/1) esok….

Featured-Image
Presiden Jokowi bakal turun langsung ke Kalimantan Selatan untuk melihat langsung kondisi banjir. Foto: Ist

bakabar.com, BANJARMASIN – Presiden Jokowi berencana melihat langsung kondisi banjir di Kalimantan Selatan, Senin (18/1) esok.

Pantauan bakabar.com, sejumlah Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) sudah terlihat di Markas Korem 101/Antasari, Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin Tengah, Minggu (17/1) siang.

Selain itu, rapat persiapan pengamanan serta penyambutan rencana kedatangan Presiden Jokowi juga telah digelar di Markas Korem 101/Antasari.

Sejumlah pejabat tinggi tingkat satu Kalsel tampak hadir dalam rapat. Di antaranya; Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Firmansyah dan Wakapolda Kalsel Brigjen Pol Mohamad Agung Budijono.

Kemudian Plt Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, Kadishub Kalsel Rusdiansyah, Plt Kepala BPBD Kalsel, Mujiyat, serta Kadinsos Kalsel Siti Nuriyani.

Usai rapat, Danrem Firmansyah membenarkan terkait rencana kedatangan orang nomor satu di republik ini. Kendati demikian, ia masih belum bisa memastikan terkait jadwal kedatangannya.

“Jadwal kedatangan masih tentatif, tapi kita tetap melaksanakan saja. Jadi begitu disampaikan nanti hasil rapat terakhir beliau berangkat, kita langsung fix -kan. Tapi sekali lagi jam berapanya kami masih belum dapat,” ujar Danrem Firmansyah.

Sesuai rencana, Jokowi bakal mengunjungi Kabupaten Banjar untuk melihat kondisi banjir di sana.

“Karena waktu beliau juga terbatas, supaya mekanisme pergerakan dan pengamanannya juga maksimal kita hanya mengarahkan ke arah kabupaten Banjar saja,” bebernya.

Firmansyah memastikan untuk kesiapan wilayah terkait pengamanan dan penyambutan rencana kedatangan Presiden Jokowi ke Kalsel ini sudah dilakukan secara matang.

“Sesuai hasil rapat akan disampaikan melalui saspres kepada beliau (Presiden,red) tentang kesiapan wilayah untuk menerima,” katanya.

Namun sekali lagi, Firmansyah bilang keputusan akhir terkait rencana kedatangan ini ada di tangan Presiden.

“Tapi kami selaku satgas pengamanan bekerja sama dengan Polda dan Pemda tentu menyiapkan. Apakah nanti beliau kunjungan secara virtual atau secara fisik, kami menyiapkan dua-duanya,” terangnya.

Dinanti Warga

img

Sejumlah pasukan khusus TNI AU menggunakan pesawat militer TNI AU C-130/A-1321 dalam rangka bantuan sosial korban banjir tiba di Lanud Syamsudin Noor, Minggu (17/1). Foto: Ist

Anggota DPD RI Habib Abdurrahman Bahasyim atau lebih akrab disapa Habib Banua menantang Presiden Jokowi datang melihat kondisi Kalimantan Selatan yang sedang dilanda banjir.

Tantangan tersebut dilontarkan Habib Banua setelah mengetahui Kalsel tak mendapat ucapan dukacita dari Jokowi.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya:

“Saya mengajak presiden untuk ke Kalimantan Selatan. Biar beliau melihat langsung,” ujar Habib Banua saat dimintai komentar soal ucapan dukacita Presiden, Jumat (15/1).

Setelah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, giliran Presiden Joko Widodo yang bakal mengunjungi Kalimantan Selatan, Senin esok (18/1).

Kedatangan Jokowi seakan sudah dinanti warga Kalsel. Bahkan, sejak malam tadi, kabar kedatangan Presiden sudah viral di jagat dunia maya.

Di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, lokasi banjir terparah Kalsel, hoaks menyebar.

Kabar bohong tersebut menyebut Jokowi sudah berada di Birayang, salah satu kelurahan di Kabupaten HST.

“Tidak benar,” ujar salah seorang pejabat militer setempat.

img

Hoaks yang menyebut Jokowi berada di Kabupaten HST. Foto: tangkapan layar whatsapp

Belakangan, kedatangan orang nomor satu di republik ini mulai mendekati kenyataan. Jokowi dikabarkan akan melihat kondisi langsung banjir yang terjadi di Kalsel, esok.

“Infonya seperti itu,” ujar Kepala Penerangan Kodam VI/Mulawarman, Kolonel Kav Dino Martino dihubungi bakabar.com, Minggu (17/1) pagi.

BREAKING NEWS: Usai Pasukan Katak, Giliran Paskhas Mendarat di Kalsel

Informasi rencana kedatangan Presiden Jokowi ke Kalsel juga dibenarkan Kasi Ops Danrem 101/Antasari, Letkol Inf Leonardus Kunto Wibisono.

“Rencananya,” ucapnya.

Kendati demikian, masih belum diketahui detail agenda kunjungan Presiden di Kalsel.

Update BPNB terbaru, banjir Kalsel menyebabkan 112.709 warga mengungsi dan merenggut lebih dari 5 nyawa warga. Akibat banjir, 27.111 rumah terendam yang tersebar di 8 dari 13 kabupaten/kota.

Bantuan pemerintah pusat untuk banjir di Kalsel terus mengalir hingga malam tadi.

Setelah Kopaska, TNI kembali menerjunkan pasukan khusus. Yakni: Korps Pasukan Khas atau Paskhas TNI AU.

33 prajurit baret oranye itu tiba di Kalsel, Sabtu (16/11) malam.

Mereka ditugaskan membantu evakuasi korban terdampak banjir yang jumlahnya kini mencapai ratusan ribu jiwa.

Selain prajurit, ada juga bantuan perlengkapan. Bantuan diangkut menggunakan pesawat TNI AU CN-295/A-2810.

Tiba di Lanud Syamsudin Noor, dari Lanud Halim Perdanakusuma, sekitar pukul 20.25 Wita.

Blak-blakan Walhi Soal Biang Kerok Banjir Kalsel

Pesawat pertama membawa perlengkapan mesin perahu karet, dan LCR, barang Paskhas TNI AU, 36 Koli 1.150 Kg, LCR, mesin, dan alat dapur Kostrad 56 Koli 2.449 Kg.

Pesawat kedua mengangkut prajurit Paskhas TNI. Mereka membawa barang-barang keperluan marinir; alat dapur, LCR, dan tabung gas sebanyak 77 koli 2.137 kg.

Kemudian, barang Yonbekang 1/Kostrad sebanyak 20 koli 140 kg. Tiba di Kalsel, mereka langsung menuju Denzipur 8/GM Banjarbaru.

TNI mengerahkan kekuatan maksimal setelah banjir Kalsel diatensi penuh Presiden Joko Widodo.

Kemarin malam, orang nomor satu di Indonesia menelepon langsung Gubernur Kalsel Sahbirin Noor.

Kedatangan Paskhas TNI AU melengkapi bantuan 9 prajurit Kopaska, serta 27 marinir.

Mereka datang membawa delapan perahu karet, delapan motor tempel, 16 tangki bahan bakar, 32 dayung dan alat selam empat set, alat mountenering dua set, HT Motorolla 12 set serta 27 swimvest.

“Presiden RI Joko Widodo juga membantu 34 perahu karet dengan motor tempel, selimut dan 10.000 paket sembako yang hari ini saya serahkan secara langsung di posko pengungsian di Kecamatan Liang Anggang, Banjarbaru,” tutur Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di sela peninjauan banjir Kalsel, Sabtu (16/1).

Dilengkapi oleh Hawari Lazuardi



Komentar
Banner
Banner