Nasional

Presiden Jokowi Ajukan Idham Azis Jadi Kapolri

apahabar.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Komjen PolIdham Azis sebagai calon tunggal Kepala Kepolisian…

Featured-Image
Idham Azis. Foto – Net

bakabar.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Komjen PolIdham Azis sebagai calon tunggal Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) menggantikan Jenderal Pol Tito Karnavian.

"Pengganti Kapolri adalah, hari ini (diajukan) ke DPR, Pak Idham Azis (Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri)," ujar Jokowi usai melantik menteri dan pejabat setingkat menteri periode 2019-2024 di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip dari CNBC Indonesia.com, Rabu (23/10).

Seperti diketahui, mantan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian resmi diperkenalkan Jokowi sebagai Menteri Dalam Negeri di beranda depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10).

Idham Azis akan menggantikan posisi yang ditinggalkan Tito yang kini menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

Namun, berdasarkan ketentuan peraturan perundangan, Idham harus terlebih dulu mengikuti proses uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR.

Untuk sementara menggantikan posisi Kapolri yang ditinggal Tito, otomatis Komjen Pol Ari Dono yang sebelumnya menjabat Wakil Kepala Polri sebagai Pelaksana Tugas Kapolri.

Dikutip dari Kompas.com, Idham Aziz adalah lulusan Akademi Kepolisian pada 1988. Prestasinya cemerlang di bidang reserse serta pemberantasan korupsi.

Salah satu prestasi di bidang pemberantasan terorisme, Idham Azis berhasil melumpuhkan teroris Dr Azahari dan kelompoknya di Batu, Jawa Timur, pada 9 November 2015.

Baca Juga: Presiden Lantik Menteri Kabinet Indonesia Maju, Berikut Daftarnya

Baca Juga: Sah, 'Urang' Banua Ditunjuk Jadi Jubir Presiden Jokowi

Editor: Aprianoor

Komentar
Banner
Banner