Pemilu 2024

Prabowo-Gibran Diklaim Bakal Kikis Suara PDIP di Jatim

Political and Public Policy Studies (P3S) mengeklaim Prabowo-Gibran akan mengikis suara PDI Perjuangan di Jawa Timur dalam gelaran Pemilu 2024.

Featured-Image
Prabowo dan Gibran bersiap mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Foto: Dok apahabar.com

bakabar.com, JAKARTA - Political and Public Policy Studies (P3S) mengeklaim Prabowo-Gibran akan mengikis suara PDI Perjuangan di Jawa Timur dalam gelaran Pemilu 2024.

"Prabowo–Gibran menjadi kombinasi lengkap paling dicintai masyarakat," kata Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie, Selasa (31/10).

Baca Juga: Prabowo-Gibran Janji Beri Makan Gratis Ibu Hamil dan Anak-anak

Menurutnya, keputusan Prabowo menggandeng Gibran sebagai cawapres menjadi keputusan tepat. Kehadiran Gibran akan banyak mempengaruhi suara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Jawa Timur.

"Bergabungnya Gibran akan mengguncang suara PDIP di Jawa Timur," kata Jerry.

Hal ini merujuk pada sejumlah perolehan survei bahwa pasangan ini terekam jelas menduduki posisi teratas dalam simulasi pasangan. Seperti rilis Indikator Politik Indonesia (IPI) pasangan Prabowo-Gibran berhasil mengungguli pasangan lain yakni Ganjar-Mahfud MD dan Anies-Muhaimin, dengan elektabilitas sebesar 36,1 persen.

Baca Juga: Gerindra: Susunan TKN Prabowo-Gibran Diumumkan Pekan Ini

Bahkan dalam survei lainnya yakni Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA memperlihatkan tingginya elektabilitas pasangan Prabowo-Gibran di pemilih Nahdlatul Ulama (NU). Keduanya ini berhasil mendapatkan elektabilitas yang sangat tinggi yakni 44,6 persen mengalahkan kandidat lainnya.

Menurut dia elektabilitas yang tinggi itu disebabkan adanya program dan visi misi yang disampaikan oleh Prabowo-Gibran seperti membantu menyerahkan dana abadi untuk pondok pesantren yang dapat mengikat suara di Jawa Timur.

"Kehadiran program tersebut saya lihat itu akan mempengaruhi suara-suara santri terlebih untuk wilayah Jawa Timur," kata Jerry.

Editor


Komentar
Banner
Banner