Potensi Pertanian Desa

Potensial, Pemuda Desa Loh Sumber Diminta untuk Geluti Sektor Pertanian

Pemerintah Desa (Pemdes) Loh Sumber terus mendorong agar pemuda di desanya mulai melirik sektor pertanian sebagai mata pencaharian utama.

Featured-Image
Kepala Desa Loh Sumber, Sukirno. Foto: Istimewa.

bakabar.com, TENGGARONG – Pemerintah Desa (Pemdes) Loh Sumber terus mendorong agar pemuda di desanya mulai melirik sektor pertanian sebagai mata pencaharian utama.

Hal ini menjadi perhatiannya bukan tanpa alasan. Kepala Desa (Kades) Loh Sumber, Sukirno menilai desanya memiliki potensi besar di sektor pertanian.

Baca Juga: Strategi Distanak Dorong Populasi Hewan Ternak di Kukar

Oleh karena itu, Sukirno mengaku pihaknya tengah merancang formula untuk menumbuhkan ketertarikan para pemuda untuk menggeluti sektor pertanian, mengingat potensi pertanian di Desa Loh Sumber sangat besar.

“Kita ingin mengubah pola pikir pemuda sekarang, yang setiap lulus sekolah ingin kerja di tambang. Padahal kan sektor pertambangan itu terbatas, kalau tambang tutup kan selesai juga itu. Makanya kami perkenalkan konsep pertanian dalam arti luas,” ujar Sukirno, Sabtu (28/10).

Ia mengakui, jika saat ini sangat jarang generasi muda berminat pada sektor pertanian. Padahal saat ini Desa Loh Sumber telah berhasil memproduksi beras yang mampu bersaing di pasaran.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Diketahui Desa Sumber Sari telah memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sumber Purnama yang telah memproduksi beras khas Kukar, yakni Beras Cap Tugu.

Selain itu, ada juga program Sinar Purnama yang hadir untuk memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada petani, juga permodalan dan asuransi dari pengolahan hingga pasca panen.

Adapun peningkatan infrastruktur pertanian terus digenjot untuk meningkatkan produktivitas petani. Semua upaya ini disebut Sukirno untuk menyambut kedatangan IKN Nusantara.

“Kita ingin pertanian ini menjadi tolok ukur kita dan menghasilkan nilai ekonomis yang tinggi. Dengan adanya IKN pasti akan ada urbanisasi. Kita harus persiapkan SDM sebagai pemilik lahan dan ini yang perlu kita siapkan yakni pemanfaatannya,” tutupnya. (ADV/Doskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner