Pemkab Tanah Bumbu

Poskesdes Mattone Baru Diresmikan, Kadesnya Berharap Sepi Pasien

apahabar.com, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) baru saja meresmikan Poskesdes Mattone di Kecamatan Kusan…

Featured-Image
Poskesdes Mattone yang baru diresmikan. Petugas tengah meratakan tanah. Foto-Pemerintah Desa Mattone

bakabar.com, BATULICIN – Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) baru saja meresmikan Poskesdes Mattone di Kecamatan Kusan Hilir, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di desa.

Namun, Kepala Desa Mattone, Andi S Jaya, justru berharap tidak banyak masyarakat yang datang untuk berobat ke poskesdes yang dicat dengan variasi warna putih dan ungu itu.

“Dengan dibangunnya poskesdes ini bukan berarti kami ingin banyak warga yang sakit. Saya justru berharap poskesdes ini sepi pasien,” ujar Andi S Jaya, kepada bakabar.com, Rabu (23/1/2019).

Namun, Andi tentu bersyukur karena pelayanan kesehatan di desanya akan meningkat dibanding beberapa tahun sebelumnya.

Poskesdes yang baru dibangun juga memiliki fasilitas ruang kesehatan yang bagus. Ia juga akan mengutamakan kebersihan agar pasien merasa nyaman dan tenang saat berada di Poskesdes Mattone.

Keberadaan Poskesdes Mattone juga membuat Desa Mattone menjadi lebih mandiri. Sebab, kata Andi, warga desanya tidak lagi tergantung dengan Puskesmas di Pagatan. Andi mengatakan, jika hanya untuk cek kesehatan, warga cukup mendatangi poskesdes.

“Setelah ini warga tidak lagi ngeluruk ke Puskesmas Pagatan kalau sekadar cek kesehatan,” katanya.

Poskesdes Mattone diresmikan pada 17 Januari 2019. Andi mengungkapkan, pembangunan poskesdes menelan biaya sebesar Rp273 juta dengan memanfaatkan anggaran satu miliar satu desa.

Fasilitas yang tersedia di poskesdes tersebut yakni ruang bersalin, ruang perawatan, ruang tunggu, dan sejumlah ruangan lainnya.

Reporter: Puja Mandela
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner