Sport

Porwanas XIII Malang: SIWO PWI Kalsel Siap Evaluasi dan Prioritaskan Cabor Unggulan

Membawa nama Banua, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel meraih 5 medali dalam ajang Porwanas XIII di Malang, Jawa Timur.

Featured-Image
Siwo PWI Kalsel prioritaskan cabor unggulan di Porwanas mendatang. Foto-PWI Kalsel untuk apahabar.com

bakabar.com, MALANG - Membawa nama Banua, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalsel meraih 5 medali dalam ajang Porwanas XIII di Malang, Jawa Timur.

Lima medali itu direbut dari 9 cabang olahraga (cabor) yang diikuti atlet PWI Kalsel. Pertama, medali emas dari cabor Catur.

Lalu Perak dari cabor biliar, eSport (PES 4 perorangan) dan Fotografi. Terakhir medali perunggu dari cabor eSport (PES 4 ganda).

Jadi, total medali yang dibawa pulang ada lima terdiri dari 1 emas, 3 perak dan 1 perunggu.

Ketua Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Kalsel, Irwansyah mengaku cukup puas dengan raihan para atlet yang berlaga di Porwanas XIII Malang, Jawa Timur ini.

Menurutnya, capaian yang luar biasa, terlebih du cabor eSport yang meraih dua medali sekaligus dengan persiapan seadanya. Raihan ini melebihi raihan di di Porwanas sebelumnya di Jawa Barat.

"Semua cabor tetap alan dilakukan pembinaan dan evaluasi. Kemudian cabor yang mendapat medali akan di prioritaskan, serta akan dilakukan pembinaan berkala," syukur Irwansyah, Sabtu (26/11).

Dijelaskan, banyak evaluasi untuk berlaga di Porwanas berikutnya yang kemungkinan akan berlangsung di Kaltim pada 2025 mendatang.

Nanti kata Irwansyah, ada beberapa cabor yang harus lebih persiapkan secara matang dan menjadi cabor unggulan.

"Seperti Catur, eSport dan Billiar. Cabor ini bisa dipersiapkan sejak sekarang," katanya.

Namun ujar Irwansyah, cabor yang tidak meraih medali juga terus dipersiapkan agar bisa bersaing dengan wartawan nasional.

Dari porwanas ini tutur dia, bisa dipetakan kekuatan cabor masing-masing. "Siwo Kalsel akan berusaha mengejar ketertinggalan pada cabor yang belum meraih medali tersebut," imbuhnya.

Khusus eSport nomor PUBG yang hanya dalam waktu semalam persiapan tapi bisa masuk 6 besar. Artinya kata dia, kekuatan di eSport bisa bersaing dengan daerah lain tinggal bagaimana mempersiapkan agar lebih matang.

Terpisah, koordinator cabor eSport, Zepi Al Ayubi mengaku akan mempersiapkan para atlet eSport PWI Kalsel sejak sekarang.

Karena menurutnya, cabor ini bisa melakukan latihan di sela-sela tugas wartawan, yakni mencari berita atau liputan. Dengan Porwanas XIII Malang Raya ini, pihaknya tahu peta kekuatan daerah lain di eSport.

Apalagi Kalsel saat ini sangat diperhitungkan oleh daerah lain, dengan capaian satu medali Perak dan satu medali Perunggu.

"Untuk cabor eSport ini medali yang diperebutkan lebih banyak, totalnya 4 kategori. Sehingga sangat berpeluang mendulang banyak medali di cabor ini," ujar Zepi.

Menurutnya, yang utama dalam pertandingan adalah mental para atlet. Dari itu, dirinya akan lebih sering mengarahkan atlet eSport mengikuti turnamen-turnamen mini.

"Ini untuk mengasah mental. Karena mental adalah yang utama setelah skill para pemain," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner