Banjarmasin Hits

Ponpes Darul Qur’an di Sungai Jingah Banjarmasin, Inisiatif Akpol Angkatan 1996

Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Qur'an Wirasatya, melaksanakan tasyakuran santri perdana dan Haul Syekh Samman Al Madani.

Featured-Image
Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Qur'an Wirasatya, melaksanakan tasyakuran santri perdana dan Haul Syekh Samman Al Madani.

bakabar.com, BANJARMASIN - Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Qur'an Wirasatya, melaksanakan tasyakuran santri perdana dan Haul Syekh Samman Al Madani.

Kegiatan dari Yayasan Wirasatya Nugraha ini dilaksanakan di Ponpes Jalan Sungai Jingah, Banjarmasin.

Perwakilan dari Yayasan Wirasatya, Kombes Pol Arif Sugiarto, menyampaikan kehadiran Ponpes Darul Qur'an Wirasatya ini atas pemikiran dari para alumni Akpol angkatan 1996.

"Jadi kita sudah memikirkan tentang kegiatan sosial ke masyarakat, salah satunya bentuk keagamaan," ungkapnya.

Ia menyampaikan alasan alumni Akpol 96 membentuk Ponpes Darul Qur'an tersebut, yakni efek dari tindakan sosial yang diberikan kepada masyarakat.

Disitu, ia menjelaskan diusia pengabdian yang menginjak 27 tahun ini sudah memikirkan ke arah akhirat dan sosial kemasyarakatan.

"Efeknya yang pertama Akpol itu Polisi kan, jadi dengan kita membuat Ponpes ini otomatis terjadi kolaborasi antara Polisi dan masyarakat," terangnya.

Selain itu juga menurutnya upaya yang dilakukan ini adalah bentuk kepedulian dari Alumni Akpol 96 untuk membantu anak-anak yang tidak mampu.

"Jadi mereka kita sekolahkan secara gratis, baik di pesantren ataupun sekolah regulernya," bebernya.

Sementara untuk santri perdana yang berada di Ponpes Darul Qur'an ini ada sebanyak 15 orang santri. Dimana 14 di antaranya masih berusia sekolah dasar.

"Kita jenjangnya apabila mereka ingin sampai SMA tetap akan kita bantu. Tapi saat ini yang ada itu 14 orang tingkat SD dan satu orang kelas 1 SMP," pungkasnya.

Diketahui, tasyakuran dihadiri sejumlah alim ulama yakni, KH Ahmad Zaky Fuad Abdillah, Guru Rasyid Ridho, dan juga Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto.

Tak hanya itu, ratusan warga sekitar yang turut berhadir dalam kegiatan keagamaan tersebut.

Editor
Komentar
Banner
Banner