Kalsel

Ponpes Darul Hijrah Akan Buka Cabang di Tanbu

apahabar.com, BATULICIN – Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hijrah akan membuka cabang di Desa Sari Gadung, Kecamatan…

Featured-Image
Pimpinan Ponpes Darul Hijrah, KH Zarkasyi Hasbi, bersama tokoh masyarakat saat meninjau lokasi cabang di Tanah Bumbu. Foto-apahabar.com/Syahriadi.

bakabar.com, BATULICIN – Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hijrah akan membuka cabang di Desa Sari Gadung, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

Rencananya sekolah pesantren modern besutan Gontor ini akan membangun pendidikan dasar plus hafalan Al-Quran atau tahfiz.

“Insya Allah akan kita bangun di sini, berjenjang mulai dari kecil atau bawah hingga seterusnya,” ungkap Pimpinan Ponpes Darul Hijrah, KH Zarkasyi Hasbi, saat meninjau lokasi, Sabtu (13/6) siang.

Dia mengatakan salah satu yang mendasari akan didirikannya cabang di Tanah Bumbu ini adalah memperluas jaringan pendidikan serta mempermudah bagi siapa saja yang ingin bersekolah khususnya pesantren modern.

“Banyak orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya ke Darul Hijrah, namun terkendala jarak. Nah dengan ini nantinya akan memudahkan bagi mereka, seperti Kotabaru dan Tanah Bumbu sendiri,” bebernya.

Lokasi yang bakal dijadikan tempat awal berdirinya pesantren merupakan tanah yang diwakafkan seorang warga, Samaiyah, dengan jumlah lahan 2 hektar.

Lokasi tersebut memang sudah diniatkan sejak dulu sebagai lokasi wakaf untuk membangun pondok pesantren.

“Memang sudah dari dulu lahan kami ini diniatkan untuk membangun pesantren. Alhamdulillah Darul Hijrah mau membangun di sini,” ungkap Samaiyah.

Ia menjelaskan tanah tersebut dibelinya bersama almarhum suaminya ketika masih hidup.

“Mudahan wakaf lahan untuk pesantren ini menyampaikan niat kami. Semoga almarhum suami saya mendapat tempat yang layak di sisi-Nya,” ungkapnya.

Sementara itu anggota DPRD Tanah Bumbu, Said Ismail Khollil Al-Idrus, saat menghadiri peninjauan lokasi mengatakan dirinya akan selalu siap membantu untuk pembangunan cabang Ponpes Darul Hijrah.

“Sebagai salah satu wakil rakyat di Tanah Bumbu saya akan bantu semaksimal mungkin, insya Allah akan kita usulkan untuk jalan, masuk listrik dan sebagainya,” ucap Said Ismail.

Kepala Desa Sari Gadung, Kaspul Anwar, bersama masyarakat menyambut baik dengan rencana akan dibangunnya Ponpes Darul Hijrah cabang Tanah Bumbu.

“Sangat berharap akan cepat terlaksana pembangunannya, sehingga nanti anak-anak kami di sini mudah bersekolah,” ujarnya.

Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner