Tak Berkategori

Pohon Tumbang di Tapin, Ruas Jalan Rantau-Piani Kembali Dibuka

apahabar.com, RANTAU – Dua pohon di Kabupaten Tapin tumbang di dua lokasi berbeda, Minggu (20/1). Tumbangnya…

Featured-Image
Hujan deras yang mengguyur Tapin menumbangkan dua pohon di Desa Hiyung dan Desa Ayunan Papan, sore tadi. Foto-BPBD Tapin for apahabar.com

bakabar.com, RANTAU – Dua pohon di Kabupaten Tapin tumbang di dua lokasi berbeda, Minggu (20/1).

Tumbangnya pohon ditengarai akibat hujan deras disertai angin kencang terjadi di Desa Hiyung, Kecamatan Tapin Tengah sekira pukul 15.12 Wita, kemudian di Desa Ayunan Papan Kecamatan Lokpaikat sekira15.17.

Pohon tumbang di Desa Hiyung sempat merusak jaringan listrik ke rumah warga. Sedangkan di Desa Ayunan Papan, pohon sempat menutup ruas jalan Rantau-Piani.

Baca Juga:Ketika Orang Pinggiran Menatap Pemilihan Presiden 2019

Dari situ, batang pohon sempat menghalangi arus lalu lintas jalan setempat.
Selain menutup ruas jalan, pohon juga menimpa jaringan listrik ke rumah warga.

Menerima laporan warga, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat bergegas menuju lokasi tersebut guna menaggulangi kejadian ini.

Dari pantauan lapangan bakabar.com, batang pohon yang berserakan kini sudah dibersihkan oleh warga sekitar secara gotong royong. Ruas jalan setempat sudah kembali dibuka.

Adapun terkait permasalahan listrik, BPBD masih berkoordinasi dengan PLN untuk membenahi jaringan listrik yang ikut rusak akibat kejadian ini.

“Kondisi terkini pohon yang tumbang telah berhasil dibersihkan tim. Kini akses jalan sudah kembali normal. Termasuk juga jaringan listrik sudah ditangani pihak terkait,” ujar Kepala BPBD Tapin Noordin kepada bakabar.com, Minggu (20/1) malam.

Menurut Junaidi, warga Desa Hiyung, pohon asam yang roboh memutus jaringan kabel listrik dan merusak sejumlah meteran listrik milik warga. “Lampu yang tergantung juga terlepas. Kami khawatir kalau membahayakan penduduk rumah,” jelasnya.

Hingga besok, hujan diperkirakan bakal belum beranjak dari sejumlah wilayah Kalsel, termasuk Tapin.

Dalam peringatan dini untuk Senin 21 Januari esok, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan dengan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang bakal kembali mengguyur.

Masyarakat diminta waspada menghadapi segala bahaya dari kemungkinan cuaca buruk tersebut.

Baca Juga:Warga Banua Harus Tahu, Ditlantas Polda Kalsel Segera Berlakukan Tilang Elektronik

Reporter: Nasrullah
Editor: Fariz



Komentar
Banner
Banner