Tak Berkategori

PMI Banjarmasin Peroleh Mesin Pendingin, Permudah Donor Plasma Konvalesen

apahabar.com, BANJARMASIN – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin menerima bantuan mesin pendingin dari PLN Persero…

Featured-Image
PMI Banjarmasin melihat pemberian mesin pendingin untuk menyimpan donor plasma. Foto-apahabar.com/Bahaudin Qusairi.

bakabar.com, BANJARMASIN – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin menerima bantuan mesin pendingin dari PLN Persero Kalselteng, Kamis (25/11).

Keberadaan alat tersebut memudahkan proses penyimpanan dan donor plasma konvalesen. Dengan demikian, terapi plasma konvalesen dapat dilakukan lebih cepat pada pasien Covid-19.

Ketua PMI Banjarmasin, Rusdiansyah mengatakan bahwa dengan adanya bantuan tersebut bisa membantu para petugas PMI untuk menyimpan plasma konvalesen.

“Ini alat yang penting untuk penyimpanan plasma agar tidak mudah rusak,” ujarnya.

Rusdi menjelaskan tempat penampungan plasma tersebut sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan mutu kualitas plasma yang juga menjadi kebutuhan dari rumah sakit.

"Alat tersebut bisa berperan baik bagi kelancaran para petugas untuk mengumpulkan plasma," ucapnya.

Kepala UDD PMI Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan Supit menjelaskan sejauh ini pihaknya mendapatkan banyak permintaan akan plasma darah terutama plasma konvelesen bagi pasien Covid-19.

Apalagi ketersediaan stok plasma menjadi prioritas pihaknya selain darah yang menjadi kebutuhan dasar bagi pihaknya.

“Mudah-mudahan kita bisa lebih banyak menyetok plasma,” harapnya.

Hal ini mengingat stok plasma tak hanya diperlukan bagi pasien Covid-19, namun juga bagi pasien penderita penyakit kanker. Selebihnya, perlu dengan rutin melakukan donor plasma untuk menunjang pengobatannya.



Komentar
Banner
Banner