Pemkab Tala

Pj Bupati Tala Membuka MTQ Tala Tingkat Kecamatan

MTQ Tingkat Kecamatan Resmi Dibuka

bakabar.com, PELAIHARI - Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) ke- 46 tingkat Kabupaten Tanah Laut (Tala) resmi dibuka oleh Pj Bupati Tala H Syamsir Rahman di Lapangan Pasar Minggu Desa Simpang Empat Sungai Baru, Kecamatan Jorong, Jumat (2/Pengesahan Raperda Menjadi Perda8/2024).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug oleh Pj Bupati didampingi unsur Forkopimda Tala dan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Tala.


Pj Bupati Syamsir, dalam sambutannya berharap MTQN kali ini dapat menjadikan generasi muda Tala semakin mencintai Al-Qur’an dan mengamalkannya pada kehidupan sehari-hari.

“Melalui tema Dengan Alquran, di bangun keyakinan agama yang kuat dan teguh, berharap generasi Tanah Laut memiliki iman Islam kuat dan teguh, serta memiliki karakter rahmatan lil alamin dengan meneladani nilai-nilai mulia ada pada Alquran,” katanya.

Pada kesempatan itu, Pj Bupati Syamsir memberikan semangat kepada semua kafilah yang akan berlomba pada MTQN ke-46 tingkat Kabupaten Tala. Mengingatkan pentingnya menjaga sportivitas dalam bertanding.

“Selamat bertanding, tampilkan kemampuan terbaik, bertandinglah atas dasar sportivitas, kebersamaan dan ukhuwah islamiah. Jadikan MTQN ini sebagai ajang untuk melatih diri serta mengembangkan syiar dan dakwah Islam,” pungkasnya.

Perlu diketahui, MTQN ke-46 tingkat Kabupaten Tala digelar sejak 2 Agustus sampai dengan 4 Agustus 2024 di Kecamatan Jorong.

Melibatkan 90 dewan hakim dan melombakan 13 cabang lomba, diantaranya Tilawah Al-Qur’an Golongan Dewasa, Golongan Remaja, Golongan Anak-anak, Golongan Murottal, Qira’at Sab’ah, Tahfidz 1, 5, 10, 20 dan 30 Juz, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Kaligrafi, Tafsir Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Inggris, Makalah Al Qur’an, dan Tahfizul Hadits 100 dan 500 Hadits serta Pawai Taaruf.

Adapun jumlah kafilah dan rombongan yang mewakili masing-masing kecamatan dari 11 kecamatan berjumlah 917 orang.

Diakhir acara, diserahkan piala bergilir oleh Camat Pelaihari selaku juara bertahan kepada Pj Bupati yang kemudian langsung diserahkan kepada Plt Camat Jorong selaku tuan rumah.

Editor


Komentar
Banner
Banner