Nasional

Peternak Menjerit, Jokowi Minta Harga Pakan Turun ke Rp 4.500

apahabar.com, JAKARTA – Kalangan peternak menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/9)…

Featured-Image
Presiden Joko Widodo terima Perhimpunan Insan Perunggasan dan Peternak Ayam Petelur, 15 September 2021. Foto-Biro Pers Sekretariat Presiden

bakabar.com, JAKARTA – Kalangan peternak menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/9) hari ini.

Di depan Jokowi, para peternak mengeluhkan harga pakan jagung yang terus melambung tinggi. Mereka mengaku mengalami kerugian hingga Rp 6.000 per kilogram.

Mendengar keluhan dari para petani, Jokowi menginstruksikan kepada Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi untuk menurunkan harga jagung.

“Bapak Presiden menginstruksikan peternak harus diberikan jagung dengan harga Rp 4.500. Kami sangat menagih janji ini,” kata Ketua Pinsar Petelur Nasional Yudianto Yosgiarso usai pertemuan, dikutip dari CNBC Indonesia.

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan pemerintah akan melakukan koordinasi dan penyelarasan kebijakan untuk memastikan harga jagung dapat terjangkau.

“Harga ongkos bisa ditekan, dan kemudian yang terpenting ini bahwa fungsi daripada daging an telur ini adalah untuk memperbaiki gizi masyarakat juga dan inilah yang akan kita kerjakan,” kata Lutfi.

Lutfi mengatakan, otoritas perdagangan dan pertanian dalam waktu yang dekat akan mengeluarkan satu terobosan untuk menyeimbangkan sektor perunggasan.

“Kita akan segera menyelesaikan pada akhir minggu ini, dengan terobosan-terobosan tentunya untuk terutama pakan bagi pengunggasan tersebut,” jelasnya.

Komentar
Banner
Banner